MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN TUKSONO SENTOLO KULON PROGO YOGYAKARTA

THAHERA CHAHYA LISTIANTI, NIM: 16490029 (2020) MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN TUKSONO SENTOLO KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN TUKSONO SENTOLO KULON PROGO YOGYAKARTA)
16490029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN TUKSONO SENTOLO KULON PROGO YOGYAKARTA)
16490029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula karena di Pondok Pesantren Nurul Haromain para pecandu narkoba tidak hanya disembuhkan melalui spiritual saja namun mereka dilatih hidup bersosial dengan semua santri baik yang rehabilitasi maupun non rehabilitasi serta diberikan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pengasuhan santri rehabilitasi narkoba, faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari tata kelola pengasuhan santri narkoba di Pondok Pesantren Nurul Haromain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Program Rehabilitasi Pondok Pesantren Nurul Haromain Tuksono Sentolo Kulon Progo Yogyakarta. Subyek dari penelitian ini adalah Penanggung Jawab program rehabilitasi, pengurus program rehabilitasi dan santri rehabilitasi narkoba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta contrasting dan comparing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) tata kelola pengasuhan santri rehabilitasi narkoba di Pondok Pesantren Nurul Haromain terdiri dari penerimaan santri, kegiatan program rehabilitasi, kepengurusan program rehabilitasi dan pengawasan program rehabilitasi; (2) faktor pendukung dalam tata kelola pengasuhan santri rehabilitasi narkoba di Pondok Pesantren Nurul Haromain ada 2 yaitu internal dan eksternal, secara internal terdiri dari kyai, para pengurus, ustdaz atau ustadzah, santri rehbailitasi dan santri non rehabilitasi. Secara eskternal terdiri dari keluarga dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya keahlian para pengurus dan ustadz atau ustadzah dalam mengasuh santri rehabilitasi narkoba dan kondisi santri yang labil; (3) hasil tata kelola pengasuhan santri rehabilitasi narkoba di Pondok Pesantren Nurul Haromain, bahwa keberhasilan dari proses rehabilitasi narkoba dapat dilihat setelah 6 bulan mengikuti segala program yang ada di pondok pesantren, sudah mampu merawat diri, pola pikirnya sudah baik, beribadah sudah baik dan benar, mampu melanjutkan hidup dengan bekerja atau berwirausaha sesuai keterampilan yang diikuti ketika berada di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: manajemen pengasuhan, santri, rehabilitasi.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 11:26
Last Modified: 01 Nov 2021 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum