MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA

SARA DIANA, NIM : 16490052 (2020) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA)
16490052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA)
16490052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat yang mengakibatkan keberlimpahan informasi. Salah satu upaya untuk membuat filter terhadap keberlimpahan informasi tersebut adalah dengan memberikan kemampuan literasi informasi terutama bagi peserta didik. Dengan kemampuan literasi informasi yang dimiliki, maka peserta didik dapat mengelola informasi yang mereka butuhkan. Sehingga program literasi informasi bagi para pengguna perpustakaan wajib dilakukan. Untuk mendukung hal itu, perpustakaan sekolah harus dilengkapi dengan sumber daya manusia, bahan pustaka, dan fasilitas yang memadai. Oleh sebab itulah perpustakaan sekolah dibutuhkan pengelolaan atau manajemen yang baik. Berdasarkan hal itu, maka peneliti telah mendeskripsikan hasil penelitian dengan judul Manajemen Perpustakaan Sekolah sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Ganesha SMA Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, wakil kepala perpustakaan, pustakawan dan guru pembina minat baca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Data-data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Perpustakaan Ganesha telah dilaksanakan dengan baik berdasarkan fungsi-fungsi manajeman yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. (2) Peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta memiliki kemampuan literasi informasi. Kemampuan tersebut tetap harus dikembangkan dengan dukungan Perpustakaan Ganesha. (3) Upaya yang dilakukan Perpustakaan Ganesha untuk mengembangkan kemampuan literasi informasi peserta didik adalah melalui program dan kegiatan perpustakaan, peran pustakawan, peran guru, dan pemberdayaan SDM. (4) Upaya yang dilakukan Perpustakaan Ganesha dapat dikatakan berhasil dalam mengembangkan kemampuan literasi informasi peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nora Saiva Jannana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perpustakaan, Literasi Informasi, dan Upaya Perpustakaan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 11:35
Last Modified: 01 Nov 2021 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum