ANALISIS SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA DALAM MENDUKUNG KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI 4.0 DI SMKN 2 YOGYAKARTA

NANA KURNIAWATI, NIM: 16490053 (2020) ANALISIS SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA DALAM MENDUKUNG KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI 4.0 DI SMKN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA DALAM MENDUKUNG KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI 4.0 DI SMKN 2 YOGYAKARTA)
16490053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA DALAM MENDUKUNG KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI 4.0 DI SMKN 2 YOGYAKARTA)
16490053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang telah mengalami perkembangan industri hingga saat ini. Pendidikan di Indonesia juga mengalami persaingan dan tantangan yang diharapkan mampu menyeimbangi era industri 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi dari sistem pendidikan sekolah berbasis industri yang diterapkan di SMKN 2 Yogyakarta pada era industri 4.0. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana cara yang diterapkan sekolah dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di era digital di SMKN 2 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak sekolah untuk meningkatkan cara yang telah diterapkan agar sekolah dapat lebih baik lagi dalam mengasah soft skill dan hard skill yang mereka miliki. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, kepala program jurusan (kaprog), guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan transcript, coding, grouping, comparing, dan contrasting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SMKN 2 Yogyakarta telah menerapkan beberapa elemen soft skill yang meliputi: kemampuan berkomunikasi, keterampilan berpikir, keterampilan mengidentifikasi masalah, kepemimpinan, dan mengadakan pelatihan-pelatihan soft skill. 2) Bentuk peningkatan hard skill yang diterapkan di SMKN 2 Yogyakarta diantaranya: penggunaan komputer dasar dan pelatihan tambahan dalam meningkatkan hard skill siswa. 3) Di era industri 4.0 SMKN 2 Yogyakarta telah menerapkan: penyelarasan kurikulum dengan dunia industri, melengkapi fasilitas sarana dan prasarana semaksimal mungkin, dan mempersiapkan SDM siswa agar dapat menyeimbangi di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag, MA.
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Hard Skill dan Revolusi Industri 4.0.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 11:39
Last Modified: 01 Nov 2021 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum