ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Munifah Eka Zuliana, NIM. 16600022 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF)
16600022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF)
16600022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu aspek yang penting yang harus dimiliki oleh siswa bila ingin berhasil dalam studinya, sehingga perlu ditumbuhkembangkan di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 4 siswa kelas VIII A MTsN 1 Yogyakarta berdasarkan gaya kognitif. Pemilihan subjek penelitian ini didasari dengan menggunakan instrumen tes gaya kognitif Matching Familiar Figure Test (MFFT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes Matching Familiar Figure Test (MFFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa, Tes Kemampuan Komunikasi Matematis (TKKM) untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 tahap analisis menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada siswa reflektif memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada indikator 1, 3, 4 dan 5. Selain itu ada juga siswa reflektif yang hanya memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada indikator 1 dan 5. 2) siswa impulsif memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada indikator 1, 3, 4 dan 5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, gaya kognitif, lingkaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 12:13
Last Modified: 01 Nov 2021 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum