PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS

Rini Utami, NIM 16600025 (2020) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS)
16600025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS)
16600025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah dengan salah satu penyebabnya yaitu kurang adanya keterpaduan antar perangkat pembelajaran dalam SSP yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP matematika berbasis penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi prisma dan limas. Kelayakan kualitas produk SSP didasarkan pada uji validasi produk oleh validator ahli materi dan ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Instrumen penelitian pengembangan ini berupa lembar pernilaian SSP matematika berbasis penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Lembar penilaian SSP terdiri dari 4 kategori penilaian, yaitu: Sangat Baik (SB), Baik (B), Kurang (K), dan Sangat Kurang (SK). Sumber data diperoleh dari lembar penilaian SSP yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu sebagai ahli materi sekaligus ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berdasarkan penilaian oleh validator ahli termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 84,50%. Dengan demikian, produk SSP matematika berbasis penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dinyatakan sudah valid sehingga telah dapat langsung digunakan atau dijadikan referensi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada materi prisma dan limas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), Penemuan Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), kemampuan pemahaman konsep, prisma, limas
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 12:17
Last Modified: 01 Nov 2021 12:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum