PENDEKATAN HUMANISTIK DAN KOMUNIKATIF-INTERAKTIF DALAM BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH

Temu Nurul Hasanah, NIM.: 18204020021 (2020) PENDEKATAN HUMANISTIK DAN KOMUNIKATIF-INTERAKTIF DALAM BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN HUMANISTIK DAN KOMUNIKATIF-INTERAKTIF DALAM BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH)
18204020021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN HUMANISTIK DAN KOMUNIKATIF-INTERAKTIF DALAM BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH)
18204020021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang yang sedang belajar bahasa, sebenarnya sudah memiliki kemampuan belajar bahasa. Yang dikenal dengan language acquistion device atau LAD. Dimana LAD merupakan suatu kemampuan gramatikal manusia yang dibawa sejak lahir yang mendasari semua bahasa manusia. Dalam proses perkembangan bahasa, otak juga turut berperan penting dalam pemahaman bahasa. Maka dirumuskanlah pendekatan humanistik dan komunikatif-interaktif dalam penulisan ini. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan operasionalisasi pendekatan humanistik yang diintegrasikan dengan pendekatan komunikatif-interaktif, sebagaimana yang kita ketahui pengintegrasian humanistik dan komunikatif-interaktif sangat berperan penting pada peserta didikdalam belajar bahasa Arab dengan memperhatikan komunikasi dua arah tanpa mengabaikan rasa kemanusiaan. Penelitian ini merupakan studi pustaka atau library research yang menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama. Dengan metode deskriptif untuk mengkaji sumber-sumber tertulis, analisis data dengan pendekatan kualitatif yang dalam prosesnya menyelidiki fenomena sosial dan manusia. Hasil menunjukkan bahwa belajar bahasa Arab dengan pendekatan humanistik dan komunikatif-interaktif pada jenjang Madrasah Aliyah sangat tepat diaplikasikan, karena bagaimanapun humanistik dan komunikatif-interaktif secara universal mengedepankan optimalisasi operasinya pada semua aspek yang ada pada peserta didik melalui operasionalisasi optimal fungsi otak kanan yang berimplikasi pada proses belajar mengajar lagi menyenangkan dan mendatangkan kecanduan. Langkah-langkah yang diambil dalam humanis dan komunikasi dua arah dapat menentukan tujuan pembelajaran yang jelas akan kemana arah nantinya serta membimbing peserta didik dalam menerapkan konsepnya pada dunia nyata.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Belajar Bahasa Arab, Humanistik, Komunikatif-Interaktif.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2021 16:56
Last Modified: 01 Nov 2021 16:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum