SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTEGRATED PROJECT DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO YOGYAKARTA

Muhammad Syaiful Bahri Hidayat, S.Pd, NIM.: 18I204021005 (2020) SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTEGRATED PROJECT DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTEGRATED PROJECT DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO YOGYAKARTA)
18204021005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTEGRATED PROJECT DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO YOGYAKARTA)
18204021005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui penilaian pembelajaran bahasa Arab berbasis integrated project . Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan berdampingan dengan mata pelajaran yang lain di sekolah. Oleh karena itu maka perlu melihat prespektif baru dalam penilaian pembelajaran dengan penilaian berbasis integrated project yang memadukan beberapa pelajaran sekaligus dalam satu konsep penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran bahasa Arab berbasis integrated project mulai dari perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian hingga pelaporan hasil penilaian pembelajaran berbasis integrated project di SMP Islam Al Azhar Cairo Yogyakarta sehingga dapat dijadikan gambaran bagi para pendidik dalam menerapkan dan membuat inovasi yang baru dalam penilaian pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian in mencangkup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecakan keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi. Kesimpulan penelitian adalah 1) perencanaan penilaian dilakukan secara matang oleh guru mata pelajaran dengan penyusunan konsep kompetensi dasar yang terhubung dengan mata pelajaran yang lain, 2) pelaksanaan penilaian berbasis integrated project dilaksanakan dengan bimngan dan kontrol penuh dari guru mata pelajaran serta presentasi hasil project dilakukan penggalian pemahaman lebih dalam oleh guru mata pelajaran, 3) pengolahan hasil integrated project dilakukan secara objektif oleh guru mata pelajaran masing-masing dan pelaporan menggunakan rapor kuantitatif dan rapor deskriptif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Project Assesment, Integrated Project, Penilaian Terpadu
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2021 17:09
Last Modified: 01 Nov 2021 17:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum