PENGEMBANGAN MODUL BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK

Ucik Hidayah Binsa, NIM.: 18204030017 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK)
18204030017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK)
18204030017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari belum tercapainya tujuan pembelajaran yang sesuai harapam secara optimal dan adanya keterbatasan guru dalam menginovasi pertanyaan stimulasi serta kurang terjalinnya kedekatan antara keduanya. Sehingga perlu adanya cara untuk mewujudkan hal tersebut. Namun di lapangan masih kekurangan cara untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran. Maka dari itu, modul dikembangakn untuk membantu guru dalam menemukan cara dan memberikan pertanyaan stimulasi serta membangun kedekatan antara keduanya untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak sesuai harapan. Pengembangan modul Bercerita ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan modul bercerita untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. (2) mengetahui hasil kelayakan modul bercerita untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. (3) mengetahui efektivitas pengembangan modul bercerita untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan pendekatan metode Pre-Experimental Designs (one group pretest posttest design) dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Langkah pengembangan pada penelitian ini, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, tahap desain, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan uji coba pemakaian telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuannya masing-masing. Hasil kelayakan Modul Bercerita secara keseluruhan, yaitu: (1) hasil validasi modul dari ahli media dengan nilai 4,3. (2) hasil validasi modul dari ahli materi dengan nilai 4,3. (3) hasil validasi dari teman sejawat I dengan nilai 4,43. (4) hasil validasi dari teman sejawat II dengan nilai 4,97 (5) hasil validasi dari pendidik I dengan nilai 4,42 (6) hasil validasi dari pendidik II dengan nilai 4,37. Dengan total nilai secara keseluruhan sebesar 26,62 dengan rata-rata 4,43 masuk kriteria baik dan hanya ada sedikit beberapa revisi dari para validator, maka dapat disimpulkan bahwa modul Bercerita untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak dinilai baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini. Hasil efektivitas penggunaan modul bercerita untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak, yaitu: nilai rata-rata anak pada saat pre test sebesar 45,64 dan nilai post test sebesar 91, 27memiliki selisih antar kedua nilai rata-rata tersebut sebesar 45,63, yang berarti ada peningkatan nilai rata-rata sesudah guru menerapkan modul bercerita pada anak. Dan berdasarkan hasil uji Paired Sample T Test menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa modul bercerita efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Hibana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Bercerita, Kemampuan Bercerita
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2021 17:12
Last Modified: 01 Nov 2021 17:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46184

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum