UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN DI BAWAH UMUR MELALUI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DALAM PERSPEKTIF MAQASID AS-SYARI’AH. (STUDI DI DPPKB KABUPATEN MUSI RAWAS, SUMATERA SELATAN)

RICCA ALFIATUL ARAFAH, S.H., NIM. 19203010043 (2021) UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN DI BAWAH UMUR MELALUI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DALAM PERSPEKTIF MAQASID AS-SYARI’AH. (STUDI DI DPPKB KABUPATEN MUSI RAWAS, SUMATERA SELATAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
19203010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN DI BAWAH UMUR MELALUI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DALAM PERSPEKTIF MAQASID AS-SYARI’AH. (STUDI DI DPPKB KABUPATEN MUSI RAWAS, SUMATERA SELATAN))
19203010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN DI BAWAH UMUR MELALUI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DALAM PERSPEKTIF MAQASID AS-SYARI’AH. (STUDI DI DPPKB KABUPATEN MUSI RAWAS, SUMATERA SELATAN))
19203010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Angka perkawinan di bawah umur di Indonesia terbilang cukup tinggi, salah satu daerah dengan angka perkawinan di bawah umur yang tinggi adalah Kabupaten Musi Rawas. Menghadapi hal tersebut BKKBN dituntut untuk mencari solusi yang tepat dalam menurunkan angka perkawinan di bawah umur di Indonesia. Pada tingkat daerah melalui DPPKB Kabupaten Musi Rawas yang merupakan bagian dari Instasi Pemerintah Pusat (BKKBN) mempunyai visi dan misi untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk, turut serta mencari solusi yang tepat untuk meminimalisir angka perkawinan di bawah umur di Kabupaten Musi Rawas. Hal ini direalisasikan melalui program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana implementasi program PUP sebagai upaya pencegahan angka perkawinan di bawah umur di Kabupaten Musi Rawas. Dalam menganalisa implementasi program PUP di Kabupaten Musi Rawas. Penulis memfokuskan pada dua pokok permasalahan yaitu Bagaimana implementasi program dan praktik Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di kabupaten Musi Rawas dan Sejauhmana program dan praktik Pendewasaan usia Perkawinan (PUP) di Kabupaten Musi Rawas telah merujuk pada prinsip-prinsip tujuan pembentukan hukum Islam maqāṣid as-syarī’ah dan telah searah dengan kebijakan publik yang dicanangkan pemerintah. Pisau bedah analisanya menggunakan teori kebijakan publik yang dipopulerkan oleh Marilee S. Grindle untuk menganalisis implementasi program PUP di Kabupaten Musi Rawas dan untuk menganalisa pandangan tokoh agama terhadap program PUP dianalisa dengan teori Maqāṣid As-Syarī’ah. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara. Kemudian data empiris yang sudah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis dengan teori kebijakan publik dan Maqāṣid As-Syarī’ah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis di DPPKB Kabupaten Musi Rawas dapat disimpulkan, bahwa: pertama, upaya DPPKB Musi Rawas dalam mencegah pernikahan ini dilakukan dalam beberapa program dan kegiatan, yaitu pembentukan Generasi Berencana (GenRe), penyelenggaraan konseling pranikah; dan penyelenggaraan kerjasama dengan instasi-instasi pemerintah. Kedua, dalam pelaksanaan PUP untuk pencegahan pernikahan di bawah umur, terdapat beberapa masalah yang meliputi, masih kuatnya pengaruh budaya dan lingkungan, minimnya anggaran, dan pengaruh kemajuan IPTEK dan pergaulan bebas. Ketiga, ditinjau dalam perspektif maqasid dan kebijakan publik PUP telah mengarah pada upaya realisasi maqāṣid as-syarī’ah, terutama berkaitan dengan perlindungan jiwa (hifz an-nafs), perlindungan keturunan (hifz an-nasl), dan perlindungan harta (hifz al-mal) dan kesesuainnya tersebut ditegaskan oleh para ‘ulama atau tokoh agama di wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. H. AGUS MOH. NAJIB, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: DPPKB, Perkawinan di bawah umur, Pendewasaan Usia Perkawinan.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 18:22
Last Modified: 01 Nov 2021 18:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum