TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN GANDA ISTRI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA (STUDI KASUS PENJUAL TAHU DESA BLADO KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG)

GANTANG GINANJAR, NIM. 16350083 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN GANDA ISTRI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA (STUDI KASUS PENJUAL TAHU DESA BLADO KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN GANDA ISTRI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA (STUDI KASUS PENJUAL TAHU DESA BLADO KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG))
16350083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN GANDA ISTRI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA (STUDI KASUS PENJUAL TAHU DESA BLADO KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG))
16350083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seorang istri pada dasarnya memiliki kewajiban untuk mengurusi urusan rumah tangga dan suaminya yang keluar rumah untuk mencari nafkah, namun pada zaman sekarang ini, hal tersebut sudah tidak dapat dijalankan seperti itu adanya. Faktor ekonomi menjadi salah satu faktor yang sering dijumpai sebagai penyebabnya, yang akhirnya menyebabkan istri harus membantu suami mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan untuk keluarganya. Adapun di Desa Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang pada umumnya penjual-penjual baik itu menjual sembako, sayuran, pakaian, ataupun bahan yang lain penjualnya ada laki maupun perempuan. Namun untuk penjual tahu itu mayoritas adalah perempuan. Tentu, fenomena ini menjadi bukti nyata bahwa peran ganda perempuan banyak dijumpai dalam masyarakat. Untuk itu, penelitian ini mendeskripsikan peran ganda istri dalam keluarga penjual tahu di Desa Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang, yang kemudian dianalisis menggunakan hukum Islam. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif, yang bersifat deskriptif-analitik yang bertujuan memaparkan, menggambarkan dan mengklarifikasi secara objektif data-data yang dikaji berupa peran ganda istri dalam keluarga Penjual tahu di Desa Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang, kemudian dilakukan analisis yang didasarkan pada teori hukum Islam. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, latar belakang menjadi penjual tahu yaitu; awalnya membantu neneknya yang usaha menjual tahu dan kemudian melanjutkan usaha menjual tahu sampai sekarang; awalnya bekerja di orang lain untuk menjual tahu dan kemudian membuka usaha sendiri; karena masyarakat disana banyak yang menjual tahu kemudian membuat tahu sendiri dan menjualnya; karena membutuhkan pemasukan tambahan; awalnya bekerja sama dengan orang kota kemudian memproduksi sendiri dan dijual sendiri. Kedua, Dalam keluarga penjual tahu di Desa Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang bahwa seorang istri mempunyai peran ganda, yaitu peran domestik dan peran publik. Peran domestik istri yaitu mengurusi urusan rumah tangga, melayani suami dan mendidik anaknya. Kemudian, peran publiknya yaitu seorang istri bekerja sebagai penjual tahu atas izin dari suaminya. Ketiga, Peran ganda istri yang bekerja sebagai penjual tahu di Desa Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang yang termasuk dalam kategori istri bekerja menjadi penjual tahu dengan tujuan untuk memenuhi nafkah yang kurang dari suami yaitu narasumber pertama dan ketiga, sejalan dengan hukum Islam. Kemudian, peran ganda istri yang bekerja sebagai penjual tahu di Desa Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang yang termasuk dalam kategori istri yang bekerja menjadi penjual tahu dengan tujuan untuk meringankan beban suami yaitu narasumber kedua, keempat dan kelima, tidak sejalan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. FATMA AMILIA, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Ganda, Istri, Penjual Tahu.
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Nov 2021 14:03
Last Modified: 02 Nov 2021 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum