MOTIVASI BELAJAR KELAS XI MADRASAH ALIYAH RIYADLUL MUTA’ALIMIN CIKARAMAT

Muhamad Hasan Saepuroohman, NIM.: 16250026 (2021) MOTIVASI BELAJAR KELAS XI MADRASAH ALIYAH RIYADLUL MUTA’ALIMIN CIKARAMAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR KELAS XI MADRASAH ALIYAH RIYADLUL MUTA’ALIMIN CIKARAMAT)
16250026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR KELAS XI MADRASAH ALIYAH RIYADLUL MUTA’ALIMIN CIKARAMAT)
16250026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjawab pertanyaan seberapa tinggi tingkat motivasi belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Riyadlul Muta’alimin Cikaramat dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar tersebut. Pertanyaan tersebut muncul dari sebuah persoalan beberapa siswa yang tidak masuk lebih dari 3 kali dalam kurun waktu bulan Juli September 2020. Kemudian berdasarkan pemaparan para guru, ada dua sampai tiga siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan strategi eksplanatoris sekuensial (explanatory sequential strategy). Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MA Riyadlul Muta’alimin Cikaramat. Dengan rincian, 36 siswa sebagai responden dalam pengumpulan data kuantitatif dan 5 Informan dalam pengambilan data kualitatif. Adapun kelima informan tersebut terdiri dari 1 siswa bermotivasi tinggi, 1 siswa bermotivasi sedang, 1 siswa bermotivasi rendah, dan 2 guru kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas atau 72,2% siswa kelas XI bermotivasi belajar sedang. 19,4% siswa bermotivasi tinggi, dan 8,3% siswa bermotivasi rendah. Motivasi belajar siswa kelas XI dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah cita-cita, kemampuan belajar, kondisi siswa, kondisi lingkungan, dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. secara umum di lapangan factor yang paling mempengaruhi siswa adalah faktor kondisi lingkungan khususnya kondisi sosial ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Peserta didik, Madrasah
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 15:04
Last Modified: 03 Nov 2021 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum