PARTISIPASI PEMUDA DALAM PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL (STUDI KASUS KOMUNITAS TAMAN DOLANAN JAMBLANG GENTONG, KABUPATEN BANTUL)

Muhammad Faruq, NIM.: 16250047 (2021) PARTISIPASI PEMUDA DALAM PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL (STUDI KASUS KOMUNITAS TAMAN DOLANAN JAMBLANG GENTONG, KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI PEMUDA DALAM PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL (STUDI KASUS KOMUNITAS TAMAN DOLANAN JAMBLANG GENTONG, KABUPATEN BANTUL))
16250047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI PEMUDA DALAM PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL (STUDI KASUS KOMUNITAS TAMAN DOLANAN JAMBLANG GENTONG, KABUPATEN BANTUL))
16250047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi pemuda dalam pelestarian permainan tradisional. Penelitian ini dilaksanakan di Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong, Dusun Pucunggrowong, Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Perkembangan permainan modern pada saat ini semakin masif, mempengaruhi keberadaan permainan tradisional yang semakin jarang ditemui di sekitar. Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong yang berisikan pemuda desa menghidupkan kembali berbagai macam permainan tradisional, yang memiliki banyak nilai-nilai positif. Melalui Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong mengajak para pemuda desa untuk melestarikan permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat partisipasi pemuda dalam pelestarian permainan tradisional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan informan yaitu, Penasehat Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong, Presiden Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong, Pengurus Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong dan adik-adik yang bergabung dalam kegiatan Komunitas Taman Dolanan Jamblang Gentong. Tekhnik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui kebenaran penelitian ditetapkan dengan keabsahan datanya menggunakan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tahapan partisipasi dan bentuk partisipasi pemuda dalam pelestarian permainan tradisional, tahap-tahap partisipasi pemuda meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan, adapun bentuk-bentuk partisipasi yaitu berupa pikiran atau gagasan, tenaga dan uang atau materi. Upaya pelestarian permainan tradisional berupa inventarisir berbagai permainan tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andayani, SIP, MSW.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pelestarian, Permainan Tradisional
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 15:05
Last Modified: 03 Nov 2021 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum