MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN PADA NEW MEDIA (ANALISIS SEMOTIKA VIDEO YOUTUBE BEAUTY INFLUENCER MUSLIM FATHI NRM)

Istiqomah Rifkha Aghni, NIM.: 17102010055 (2021) MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN PADA NEW MEDIA (ANALISIS SEMOTIKA VIDEO YOUTUBE BEAUTY INFLUENCER MUSLIM FATHI NRM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN PADA NEW MEDIA (ANALISIS SEMOTIKA VIDEO YOUTUBE BEAUTY INFLUENCER MUSLIM FATHI NRM))
17102010055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN PADA NEW MEDIA (ANALISIS SEMOTIKA VIDEO YOUTUBE BEAUTY INFLUENCER MUSLIM FATHI NRM))
17102010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mitos kecantikan telah menjebak perempuan dalam kungkungan dan ketidak berdayaan. Kondisi ini terbentuk atas koalisi yang jitu dari masyarakat dan industri media, yang kemudian dibesarkan oleh industri kosmetik. Sebagai media baru, YouTube menciptakan suasana industri media yang lebih demokratis, sayangnya ketidak jelasan regulasi dan mekanisme, membuat YouTube tumbuh secara liar dengan komersialisasi jumlah penonton. Kondisi ini membuat terciptanya berbagai konten yang tidak seharusnya ada, salah satunya penyebaran mitos kecantikan oleh beauty influencer. Melihat situasi ini, peneliti tertarik untuk meneliti mitos kecantikan yang disebarkan oleh salah satu beauty influencer muslim di Indonesia yaitu Fathi Nrm. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk mengungkap mitos kecantikan yang diproduksi oleh beauty influencer pada new media. Penelitian ini mencoba menjelaskan bagaimana tanda diproduksi dengan mengamati antara penanda dan petanda dalam konten pada new media. Pada penggarapanya penelitian berfokus pada teks verbal konten beauty influencer yang ditayangkan dan memecahkan identifikasi menggunakan teori mitos kecantikan Naomi Wolf. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada kanal YouTube Fathi Nrm ditemukan indikator mitos kecantikan berupa kecantikan sebagai persoalan institusi laki-laki, kecantikan sebagai alat tukar, dan kecantikan secara objektif dan universal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili , M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotik, Perempuan, Mitos Kecantikan, New Media
Subjects: Penyiaran Islam
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 15:10
Last Modified: 03 Nov 2021 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum