STRATEGI SIARAN RADIO KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA RADIO SAKA 107.9 FM JOGJA)

Rahmani Ngayuwanti, NIM.: 17102010064 (2021) STRATEGI SIARAN RADIO KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA RADIO SAKA 107.9 FM JOGJA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI SIARAN RADIO KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Radio Saka 107.9 FM Jogja))
17102010064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI SIARAN RADIO KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Radio Saka 107.9 FM Jogja))
17102010064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari perkembangan teknologi yang semakin maju khususnya internet. Menurut data Nielsen, pendengar radio tetap mengalami peningkatan di setiap tahunnya meskipun tidak secara drastis. Hal tersebut harus dapat dijadikan peluang oleh setiap radio untuk menghadapi persaingan media. Pada umumnya radio komunitas dikelola oleh warga setempat atau masyarakat sekitar, isi siarannya tidak jauh dari cerminan maupun ciri khas warga komunitas. Radio komunitas ini bersifat independent dan tidak komersil, dengan daya pancar rendah, luas jangkauan wilayah terbatas serta untuk melayani kepentingan komunitasnya. Dengan sifatsifat tersebut, maka radio komunitas diharapkan mampu untuk bersaing dengan radio komersil agar tidak ditinggalkan oleh pendengarnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Radio Saka FM dalam melakukan siaran guna mencakup keseluruhan penjadwalan, pelaksanaan sampai tahap evaluasi program siaran guna mencapai tujuan yaitu menarik pendengar. Penelitian ini menggunakan teori dari Susan Tyler Eastman yaitu Strategi Kesesuaian (Compability), Strategi Pembentukan Kebiasaan (Habbit Formation), Strategi Pengontrolan Arus Pendengar (Control Of Audiens Flow), Strategi Penyimpanan Sumber-Sumber Program (Conservation Of Program Resource), Strategi Daya Penarik Massa (Mass Appeal). Radio Komunitas Saka FM dalam merencanakan program menerapkan teori tersebut dalam melakukan siaran. Mulai dari perencanaan penjadwalan program, pelaksanaan siaran hingga tahap evaluasi supaya acara didengar dan diminati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. M Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Strategi Siaran, Pendengar, Radio Saka FM
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 15:12
Last Modified: 03 Nov 2021 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum