BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL

Ilda Risma, NIM.: 17102020014 (2021) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL)
17102020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL)
17102020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di sekolah bimbingan kelompok merupakan layanan dasar bimbingan dan konseling yang diberikan guru BK kepada siswanya. Namun masih sedikit guru BK yang menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk membantu mengatasi masalah sosial siswa. Siswa yang memiliki kohesivitas rendah, mereka jarang bermain bersama, jarang diskusi bersama dan kurang antusias ketika dalam satu kelompok belajar. Hal ini akan sangat mengganggu dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan hubungan sosial antar siswa. Salah satu langkah dalam mengingkatkan kohesivitas siswa dalam kelas, yakni layanan bimbingan kelompok. Hal ini kerena bimbingan yang dilakukan secara berkelompok akan lebih memiliki dinamika, sehingga akan timbul rasa antusias pada peserta dan akan timbul adanya interaksi antar anggota kelompok untuk berbagi ide, pemikiran, solusi, pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya kohesivitas antar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap yang dilakukan sekolah dalam proses bimbingan kelompok untuk meningkatkan kohesivitas siswa SMA N 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan pengamatan secara langsung dan melakukan wawancara kepada subjek di SMA N 1 Banguntapan Bantul serta dilengkapi oleh dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat empat tahap yang dilakukan dalam meningkatkan kohesivitas siswa yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhsin, S.Ag., M.A., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kohesivitas Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 03 Nov 2021 18:57
Last Modified: 03 Nov 2021 18:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum