BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN APLIKASI JOB ACCES WITH SPEECH (JAWS) PADA TUNANETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO YOGYAKARTA

Miladatun Nafiah, NIM.: 17102020042 (2021) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN APLIKASI JOB ACCES WITH SPEECH (JAWS) PADA TUNANETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN APLIKASI JOB ACCES WITH SPEECH (JAWS) PADA TUNANETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO YOGYAKARTA)
17102020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN APLIKASI JOB ACCES WITH SPEECH (JAWS) PADA TUNANETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO YOGYAKARTA)
17102020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern dengan dunia digital ini informasi menjadi aspek penting yang banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pemahaman teknologi terutama komputer pada penyandang tunanetra, agar tunanetra mampu memperoleh informasi dan untuk mendapat pekerjaan serta kehidupan yang layak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukan adanya program pengembangan potensi pada tunanetra dalam suatu lembaga dengan jenis bimbingan berbasis komputer guna meningkatkan ketrampilan tunanetra dalam bidang teknologi komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan tunanetra dalam mengoperasikan aplikasi job acces with speech (JAWS) pada komputer bicara di Badan Sosial Mardi Wuto Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan lima subjek penelitian. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat empat tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengoperasikan aplikasi job acces with speech (JAWS) pada tunanetra di Badan Sosial Mardi Wuto Yogyakarta yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S.Psi. M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, aplikasi Job Acces With Speech (JAWS), Tunanetra.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 03 Nov 2021 19:07
Last Modified: 03 Nov 2021 19:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46318

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum