EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGATASI SIBLING RIVALRY SISWA MTsN 9 BANTUL

Dwi Eva Rikhanah, NIM.: 17102020051 (2021) EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGATASI SIBLING RIVALRY SISWA MTsN 9 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGATASI SIBLING RIVALRY SISWA MTsN 9 BANTUL)
17102020051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGATASI SIBLING RIVALRY SISWA MTsN 9 BANTUL)
17102020051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sibling rivalry merupakan masalah konflik persaingan yang terjadi antara saudara kandung. Bentuk persaingan yang terjadi meliputi konflik, kecemburuan dan kekesalan. Rational emotive behaviour therapy sebagai pendekatan yang ditawarkan untuk mengurangi sibling rivalry individu, yaitu menghilangkan gangguan emosional yang dapat merusak diri seperti benci, rasa bersalah, cemas, dan marah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas konseling rational emotive behaviour therapy untuk mengatasi sibling rivalry siswa MTsN 9 Bantul. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest and posttest design yang melibatkan siswa MTsN 9 Bantul yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala sibling rivalry. Analisis data menggunakan statistic descriptive dengan bantuan program IBM SPSS 23.00 for windows. Hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara skor pretest and posttest. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya jumlah skor pretest 156, kemudian hasil posttest menjadi 80. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling rational emotive behaviour therapy dapat mengurangi sibling rivalry siswa MTsN 9 Bantul. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotive behaviour therapy efektif untuk mengatasi sibling rivalry siswa MTsN 9 Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Behaviour Therapy, Sibling Rivalry
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 04 Nov 2021 17:30
Last Modified: 04 Nov 2021 17:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum