PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRA-NIKAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI)

AFIDA ILMA MAULA, NIM. 17103050070 (2021) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRA-NIKAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRA-NIKAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI))
17103050070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRA-NIKAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI))
17103050070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat beberapa perubahan. Adanya peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah guna memutus mata rantai COVID-19 membuat ruang gerak khususnya pada tugas, pokok dan fungsi KUA kecamatan Genteng menjadi terhambat. Hal tersebut mengharuskan pihak KUA melaksanakan program kerja yang disesuaikan dengan protokol kesehatan sekaligus merubah teknis pelaksanaan beberapa program kerja khususnya mengenai bimbingan pra nikah. Bimbingan pra nikah penting untuk dilaksanakan guna mewujudkan suatu keluarga yang bahagia. Namun adanya pandemi ini sekaligus sebagai tantangan sendiri bagi pihak pelaksana untuk tetap melaksanakan program bimbingan pra nikah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan guna mengetahui mekanisme pelaksanaan bimbingan pra nikah serta untuk mengetahui apakah bimbingan pra nikah yang dilakukan pada masa pandemi ini sudah berjalan seperti yang diharapkan atau belum dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yang bertempat di KUA Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-empiris dengan sifat penelitian deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui teknis pelaksanaan bimbingan pra nikah pada masa pandemi COVID-19 serta untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pra nikah pada masa pandemi COVID-19 di KUA Kecamatan Genteng apakah sudah berjalan sesuai yang diharapkan atau belum serta upaya-upaya KUA Kecamatan Genteng dalam pelaksanaan bimbingan pra nikah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan pra nikah pada masa pandemi COVID-19 di KUA Kecamatan Genteng hanya sebatas formalitas saja. Hal itu dapat terlihat dari minimnya materi bimbingan yang diberikan oleh pihak KUA kepada pasangan. Selain itu, bimbingan pra nikah pada masa pandemi COVID-19 di KUA Kecamatan Genteng dinilai belum dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Hal itu didasarkan pada waktu pelaksanaan yang dilakukan bersamaan dengan rapak, sasaran bimbingan pra nikah yang belum terpenuhi serta minimnya pemberian materi sehingga kurang mengedukasi pasangan calon pengantin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MANSUR, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika, Bimbingan Pra nikah, KUA Genteng, pandemi COVID-19
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Nov 2021 09:53
Last Modified: 04 Nov 2021 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum