PRAKTIK PERKAWINAN ENDOGAMI TUNGGAL MBAH DI WILAYAH PERBUKITAN (STUDI KASUS DUSUN CIJEUNJING, DESA CIBEUNYING, KECAMATAN MAJENANG, KABUPATEN CILACAP)

MUHAMMAD MAGHFURROHMAN, NIM. 17103050075 (2021) PRAKTIK PERKAWINAN ENDOGAMI TUNGGAL MBAH DI WILAYAH PERBUKITAN (STUDI KASUS DUSUN CIJEUNJING, DESA CIBEUNYING, KECAMATAN MAJENANG, KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PERKAWINAN ENDOGAMI TUNGGAL MBAH DI WILAYAH PERBUKITAN (STUDI KASUS DUSUN CIJEUNJING, DESA CIBEUNYING, KECAMATAN MAJENANG, KABUPATEN CILACAP))
17103050075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PERKAWINAN ENDOGAMI TUNGGAL MBAH DI WILAYAH PERBUKITAN (STUDI KASUS DUSUN CIJEUNJING, DESA CIBEUNYING, KECAMATAN MAJENANG, KABUPATEN CILACAP))
17103050075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di zaman yang sudah modern ini, seiring berjalannya waktu dalam hal sosial budaya yang berkembang di masyarakat sedikit demi sedikit mengalami perubahan, tidak terkecuali dalam hal perkawinan. Perkawinan endogami marak dilakukan oleh masyarakat hingga kini, yang oleh sebagian masyarakat kurang disarankan untuk melakukan perkawinan ini. Fenomena perkawinan endogami sesama kerabat dekat sesama sepupu ataupun tunggal mbah, beberapa pasang masih ditemukan oleh penyusun di wilayah perbukitan tepatnya Dusun Cijeunjing, Desa Cibeunying, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap. Terdapat tiga pasang suami istri adalah hasil dari perkawinan endogami. Dengan masih ditemukannya fenomena perkawinan endogami tunggal mbah di Dusun Cijeunjing menarik untuk dikaji 1) Bagaimana praktik perkawinan endogami di wilayah perbukitan Dusun Cijeunjing, Desa Cibeunying, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, 2) Mengapa praktik perkawinan endogami di wilayah perbukitan Dusun Cijeunjing, Desa Cibeunying, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap masih terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Adapun hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah praktik perkawinan endogami tunggal mbah yang terjadi di Dusun Cijeunjing dimulai dari proses lamaran/ khitbah, kemudian ijab qabul dan terakhir yakni resepsi yang sering kali dilaksanakan di kediaman mempelai wanita. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap masih adanya perkawinan endogami semacam ini yakni berupa faktor perjodohan, faktor spasial kewilayahan, dan faktor saling mencintai. Namun dari ketiga sebab tersebut, pengaruh hukum adat merupakan yang paling dominan. Hukum adat yang dimaksud di sini yakni berupa hukum kebiasaan. Setelah hukum adat, kemudian diikuti hukum Islam dan Hukum positif Indonesia yang ikut berkontribusi iii menjadi penyebab sekaligus sebagai alasan perkawinan endogami tunggal mbah di Dusun Cijeunjing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. AHMAD BUNYAN WAHIB, M.Ag, M.A.
Uncontrolled Keywords: Praktik, Penyebab, Perkawinan endogami, Dusun Cijeunjing
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Nov 2021 11:24
Last Modified: 04 Nov 2021 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum