WACANA PERLAWANAN TERHADAP REZIM DISKRIMINASI (KRITIK IDEOLOGI WACANA ADVOKASI ICRP DENGAN TEORI BIOPOLITIK ALA MICHEL FOUCAULT)

Ayyub Muhajad, NIM: 19205010074 (2021) WACANA PERLAWANAN TERHADAP REZIM DISKRIMINASI (KRITIK IDEOLOGI WACANA ADVOKASI ICRP DENGAN TEORI BIOPOLITIK ALA MICHEL FOUCAULT). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WACANA PERLAWANAN TERHADAP REZIM DISKRIMINASI (KRITIK IDEOLOGI WACANA ADVOKASI ICRP DENGAN TEORI BIOPOLITIK ALA MICHEL FOUCAULT))
19205010074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
19205010074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (WACANA PERLAWANAN TERHADAP REZIM DISKRIMINASI (KRITIK IDEOLOGI WACANA ADVOKASI ICRP DENGAN TEORI BIOPOLITIK ALA MICHEL FOUCAULT))
19205010074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) telah hadir di Indonesia selama kurang lebih 20 tahun terakhir, dengan mengemban Visi-Misi untuk perdamaian kepada seluruh umat manusia, dalam prinsip advokasi ICRP sejatinya Tuhan menciptakan bumi dengan pemahaman bahwa bumi ini disediakan oleh Sang Maha Pencipta untuk semua manusia, sehingga semua manusia memiliki hak yang sama pula. Namun yang terjadi adalah munculnya beragam diskriminasi-diskriminasi dalam beragam ekspresi yang sangat jauh dalam narasi perdamaian yang dicita-citakan. Konflik Ambon, Maluku di awal tahun 2000, penutupan gereja pada beberapa wilayah di Indonesia, dan konflik Ahmadiyah yang berkepanjangan sampai saat ini adalah tiga kasus yang diekspresikan dengan tindakan anarkisme. Dan masih banyak lagi kasus-kasus yang diskriminatif melalui regulasi, politik, dan kebudayaan. Penelitian ini berjudul “Wacana Perlawanan Terhadap Rezim Diskriminasi (Kritik Ideologi Wacana Advokasi Icrp Dengan Teori Biopolitik Ala Michel Foucault)”, dengan menggunakan teori biopolitik ala Michel Foucault, penelitian ini memiliki rumusan masalah, yaitu bagaimana nilai dan ideologi biopolitik dalam wacana-wacana ICRP? serta bagaimana resepsi agama dalam setiap wacana ICRP? Penelitian ini pun bertujuan untuk menganalisis wacana ICRP dalam melawan berbagai intervensi dalam beragam ekspresi yang dilakukan oleh rezim diskriminasi. Dengan metode analisis wacana Noorman Fairclough, Critical Discourse Analysis (CDA), yang mengambil kata-kata kunci untuk kemudian dianalisis. Wacana yang diproduksi menjadi alat perlawanan yang efektif dengan diberdayakannya biopoethics. Biopoethics atau bahasa perlawanan-biotik yang kerap direproduksi secara intens, seperti kata-kata "persekusi", "intervensi", "diskriminasi", dan" eksploitasi" sebagai bahasa perlawanan kelompok teraniaya oleh rezim diskriminatif yang berwujud agama, regulasi dan administrasi, negara, ataupun pengetahuan dan budaya. Hasil dari penelitian ini adalah nilai dan ideologi biopolitik tersubling kedalam berbagai bentuk intervensi dalam bentuk normalisasi dan regulasi serta produk-produk hukum yang dibuat oleh rezim diskriminasi. Selanjutnya, resepsi agama bagi ICRP adalah instrumen dalam menghadapi konflik yang ada di masyarakat. Resepsi agama digunakan untuk memperkuat nilai dasar perjuangan yang berdasarkan pada sekularisme, liberalisme, dan pluralisme untuk membangun dalil kemanusiaan universal yang diakui semua bangsa dan agama. Saran dari hasil penelitian ini, diharapkan adanya penelitian terkait wacana-wacana lainnya dengan tema-tema aktual mengingat maraknya perang wacana diera disrupsi saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Munawwar Ahmad, S.S, M. Si.
Uncontrolled Keywords: biopolitik, rezim diskriminasi, regulasi.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Nov 2021 18:57
Last Modified: 06 Nov 2021 18:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46385

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum