KOMODIFIKASI AGAMA TERHADAP AL-QUR’AN SEBAGAI OBJEK WISATA RELIGI (Studi Kasus di Bait Al-Qur’an Al-Akbar Di Kecamatan Gandus Palembang)

Dewi Fatonah, S. Ag., NIM: 19205010011 (2021) KOMODIFIKASI AGAMA TERHADAP AL-QUR’AN SEBAGAI OBJEK WISATA RELIGI (Studi Kasus di Bait Al-Qur’an Al-Akbar Di Kecamatan Gandus Palembang). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI AGAMA TERHADAP AL-QUR’AN SEBAGAI OBJEK WISATA RELIGI (Studi Kasus di Bait Al-Qur’an Al-Akbar Di Kecamatan Gandus Palembang))
19205010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI AGAMA TERHADAP AL-QUR’AN SEBAGAI OBJEK WISATA RELIGI (Studi Kasus di Bait Al-Qur’an Al-Akbar Di Kecamatan Gandus Palembang))
19205010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini fokus mengkaji dan menganalisis tentang proses komodifikasi agama yang terjadi pada salah satu destinasi wisata religi yang ada di Palembang, yaitu Bait Al-Qur‟an Al-Akbar. Penelitian ini bertujuan menelaah bagaimana bentuk komodifikasi seperti wisata religi pada Bait Al-Qur‟an Al-Akbar ini. Selain itu penelitian juga dilakukan guna melihat masyarakat muslim sebagai pasar potensial umat beragama di Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya keberlangsungan komodifikasi pada Bait Al-Qur‟an Al-Akbar ini. Lebih jauh, penelitian ini juga menelaah lebih jauh terkait dampak yang komodifikasi ini terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan pihak pengelola, karyawan dan pengunjung atau wisatawan Bait Al-Qur‟an Al-Akbar. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur dan sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan dua teori, pertama, komodifikasi agama Greg untuk melihat bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi yang terdapat di Bait Al-Qur‟an Al-Akbar. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi dan melatarbelakangi keberlangsungannya hingga saat ini dan kedua teori Consumer Ritualized Symbolic Practice yang digagas oleh Alex Thornburg dan David Knotterus untuk menjelaskan tentang cara masyarakat dalam menggunakan simbol-simbol agama untuk dijadikan sebagai komoditas yang diproduksi, didistribusi dan dikonsumsi selayaknya komoditi pada umumnya. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa temuan penting seperti adanya wisata religi sebagai bentuk komodifikasi, apalagi komodifikasi tersebut menghasilkan keuntungan bagi pemilik dan pengelola Bait Al-Qur‟an Al-Akbar. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi aktifitas komodifikasi pada Bait Al-Qur‟an Al-Akbar ini. Selanjutnya, penelitian ini menyimpulakn fakta bahwa keberadaan Bait Al-Qur‟an Al-Akbar ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat dalam tiga ranah yaitu ranah kehidupan sosial, ekonomi dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi, Bait Al-Qur’an Al-Akbar, Komodifikasi Agama
Subjects: Qur'an Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Al Qur'an dan Hadits (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:53
Last Modified: 08 Nov 2021 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum