PERJUANGAN KIAI IDRIS JAUHARI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN DI SUMENEP (1971-2012 M)

Moh. Syauqi Fath, NIM.: 14120047 (2021) PERJUANGAN KIAI IDRIS JAUHARI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN DI SUMENEP (1971-2012 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERJUANGAN KIAI IDRIS JAUHARI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN DI SUMENEP (1971-2012 M))
14120047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERJUANGAN KIAI IDRIS JAUHARI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN DI SUMENEP (1971-2012 M))
14120047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Desa Prenduan secara geografis terletak di pesisir selatan Kabupaten Sumenep, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pedagang, nelayan dan sebagian kecil petani. Kondisi keberagamaan masyarakat Prenduan secara keseluruhan adalah pemeluk agama Islam. Hal tersebut menjadi penopang dari berdirinya beberapa lembaga pendidikan Islam untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat Prenduan. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang berada di Desa Prenduan adalah Pondok Pesantren Prenduan yang berdiri pada tahun 1952 M. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan ini didirikan oleh Kiai Jauhari yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Kiai Idris Jauhari. Kiai Idris Jauhari meneruskan perjuangan ayahnya dalam usia yang cukup muda, di saat usianya belum genap 20 tahun ia menggantikan peran ayahnya yang cukup besar dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Untuk mengetahui secara mendalam kontribusi Kiai Idris Jauhari dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan pendidikan di Prenduan, penulis merumuskan beberapa masalah penelitian yang terdiri dari sejarah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, riwayat hidup Kiai Idris Jauhari salah satu pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan perkembangan yang terjadi di bawah kepemimpinannya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan biografi, pendekatan ini akan membantu analisa terhadap perjuangan Kiai Idris Jauhari dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori behavioral Robert F. Bekhover, teori tersebut berkenaan dengan perilaku manusia dalam organisasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa sejarah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan berawal dari cita-cita luhur Kiai Chotib untuk mengembangkan pendidikan masyarakat Prenduan. Cita-cita luhur tersebut kemudian dilanjutkan oleh anak dan cucunya yakni Kiai Jauhari dan Kiai Idris. Dari latar belakang keluarga Kiai Idris yang memiliki perhatian terhadap pendidikan kemudian membuat dirinya mengambil langkah untuk terjun dalam mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan yang telah dirintis oleh ayahnya pada tahun 1952. Tahun 1971 Kiai Idris memulai usaha mengembangkan pondok pesantren dengan langkah-langkah yang dilakukannya selama kurang lebih 40 tahun. Hingga akhir masa hidupnya Kiai Idris mampu membawa perubahan dan perkembangan yang besar dalam sejarah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Syamsul Arifin S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Biografi, Perjuangan, Pondok Pesantren
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Nov 2021 09:48
Last Modified: 08 Nov 2021 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum