STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19: Studi di Home Industry Makanan Ringan “Cokro” Desa Alasmalang, Banyumas

Niswatul Kirom, NIM.: 17102030016 (2021) STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19: Studi di Home Industry Makanan Ringan “Cokro” Desa Alasmalang, Banyumas. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19: Studi di Home Industry Makanan Ringan “Cokro” Desa Alasmalang, Banyumas)
17102030016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19: Studi di Home Industry Makanan Ringan “Cokro” Desa Alasmalang, Banyumas)
17102030016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia memberikan dampak di berbagai sektor. Salah satunya yaitu sektor perekonomian, dimana hampir semua perusahaan mengalami penurunan. Tidak hanya perusahaan, hal ini juga berimbas pada para pekerja informal, seperti UMKM. Home industry “Cokro” sebagai salah satu UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19. Home industry makanan ringan ini menerapkan beberapa strategi untuk mempertahankan usahanya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan dampak dari strategi home industry “Cokro” dalam menghadapi pandemi Covid-19. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik home industry “Cokro”, karyawan, anggota koperasi BRK, Konsultan PLUT Jateng. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi home industry “Cokro” dalam menghadapi pandemi Covid-19 menggunakan beberapa strategi, antara lain yaitu strategi pasif, strategi aktif dan strategi jaringan. Dampak dari strategi ini ada dua, yaitu meliputi dampak pada aspek sosial ekonomi dan dampak pada aspek sosial budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Strategi UMKM, Home Industry
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:33
Last Modified: 08 Nov 2021 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum