REMAJA BERDAYA : STUDI KREATIVITAS REMAJA ISLAM NGETOS SRIWEDARI MELALUI KONTEN YOUTUBE MAS DAL CHANNEL DI ERA PANDEMI COVID-19

Silvy Nidha Khofiyya, NIM.: 17102030023 (2021) REMAJA BERDAYA : STUDI KREATIVITAS REMAJA ISLAM NGETOS SRIWEDARI MELALUI KONTEN YOUTUBE MAS DAL CHANNEL DI ERA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REMAJA BERDAYA : STUDI KREATIVITAS REMAJA ISLAM NGETOS SRIWEDARI MELALUI KONTEN YOUTUBE MAS DAL CHANNEL DI ERA PANDEMI COVID-19)
17102030023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REMAJA BERDAYA : STUDI KREATIVITAS REMAJA ISLAM NGETOS SRIWEDARI MELALUI KONTEN YOUTUBE MAS DAL CHANNEL DI ERA PANDEMI COVID-19)
17102030023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak kreativitas Remaja Islam Ngetos Sriwedari berupa optimalisasi konten YouTube Mas Dal Channel. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Penyajian data penelitian ini dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya data yang diperoleh dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah kreatif Remaja Islam Ngetos Sriwedari (RINGS) dalam mengoptimalkan YouTube Mas Dal Channel menghasilkan terbentuknya organisasi formal Omah Ndeso Entertaiment (ONE) yang berorientasi pada profit dalam mengelola YouTube Mas Dal Channel. Hal itu membuktikan bahwa kegiatan tersebut termasuk dalam komunikasi massa. Proses produksi dan distribusi produk informasi/pesan diawali dengan pra produksi, produksi, paska produksi, dan evaluasi. Dalam setiap proses produksi terdapat konsep pemberdayaan guna meningkatkan kualitas SDM. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan tersebut bagi pemuda/pemudi RINGS adalah menjadi wadah aktualisasi diri, meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan, dan membuka lapangan pekerjaan serta mampu menjadi sarana kampanye pesan moral bagi masyarakat luas. Tidak sedikit khalayak yang merasa terhibur dan mendapatkan pesan moral setelah menonton konten dari YouTube Mas Dal Channel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdur Rozaki, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemuda, YouTube Channel, Pandemi Covid – 19
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:37
Last Modified: 08 Nov 2021 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum