SIKAP TAKZIM SANTRI SALAF KEPADA KYAI (Studi atas Sikap Takzim Santri Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin Yogyakarta)

SITI SARAH RAHMAINI, NIM: 17105020002 (2021) SIKAP TAKZIM SANTRI SALAF KEPADA KYAI (Studi atas Sikap Takzim Santri Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SIKAP TAKZIM SANTRI SALAF KEPADA KYAI (Studi atas Sikap Takzim Santri Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin Yogyakarta))
17105020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SIKAP TAKZIM SANTRI SALAF KEPADA KYAI (Studi atas Sikap Takzim Santri Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin Yogyakarta))
17105020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Banyaknya pemberitaan tentang perilaku-perilaku siswa yang tidak menunjukkan penghormatan kepada guru menjadi bukti bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang dilanda degradasi moralitas. Dengan adanya fakta tersebut, pengkajian terhadap sikap takzim menjadi penting karena ia dapat menjadi solusi atas degradasi moralitas yang dialami generasi muda saat ini. Di sisi lain, sikap takzim juga merupakan suatu fenomena unik, dimana penghormatan dalam konsep takzim yang dilakukan oleh santri salaf, dari segi konsep maupun bentuk nyatanya berbeda dengan penghormatan yang dilakukan oleh siswa non-santri salaf. Hal itu mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terhadap sikap takzim. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konsep dan bentuk atau struktur sikap takzim santri kepada kyai di pondok pesantren Salafiyah al-Muhsin, serta untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap takzim tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi agama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi untuk mengamati perilaku dan kegiatan para santri di pondok pesantren Salafiyah al-Muhsin, kemudian wawancara langsung dengan para informan yang dalam penelitian ini terdiri dari lima orang santri, dua orang pengurus dan satu orang pengasuh (kyai) di pondok pesantren Salafiyah Al Muhsin Yogyakarta, serta dokumentasi-dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai sikap takzim santri salaf kepada kyai dengan membedah struktur sikap takzim yang meliputi komponen kognitif, afektif dan konatif. Komponen kognitif berupa keyakinan-keyakinan yang berkaitan dengan konsep takzim yang mempengaruhi terbentuknya sikap takzim. Komponen afektif berupa emosi-emosi yang dirasakan santri berkaitan dengan sikap takzim. Komponen konatif berupa kecenderungan-kecenderungan berperilaku yang berkaitan dengan sikap takzim. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikap takzim dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain: pengalaman pribadi dengan sikap takzim, pengaruh budaya lingkungan keluarga, keinginan berafiliasi dengan significant other, pengaruh lembaga pendidikan, serta latar belakang pendidikan agama yang terwujud dalam bentuk doktrin tentang takzim, tradisi takzim, dan penggiringan opini santri tentang sikap takzim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembentukan sikap, Sikap takzim, Santri Salaf
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Nov 2021 12:51
Last Modified: 08 Nov 2021 12:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum