MOTIVASI BERJILBAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NINING EKA SAFITRI, NIM: 17105020034 (2021) MOTIVASI BERJILBAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BERJILBAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17105020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BERJILBAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17105020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemaknaan terhadap simbol jilbab tersebut tidak terlepas dari motivasi yang menjadi dorongan memakai jilbab maupun mempertahankan pemakaian jilbab pada dirinya. Motivasi ini muncul akibat dari kebutuhan-kebutuhan yang ingin terpenuhi. Makna jilbab mempengaruhi gaya berjilbab dan proses interaksi mahasiswi dengan orang lain. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi jilbab dan implikasinya terhadap relasi sosial mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Dengan mengambil data melalui observasi mengamati keseharian informan melalui media sosial dan melakukan wawancara melalui video call, voice note, dan chatting di aplikasi Whatsapp serta dokumentasi untuk data tambahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi Agama dengan teori Motivasi McClelland dan teori Impession Managemen Erving Goffman, dan untuk pengolahan datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat tiga kebutuhan yang menjadi dorongan motivasi mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memakai jilbab, yakni kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afiliasi. 2) Secara umum jilbab dideskripsikan memiliki 5 makna, yakni jilbab sebagai simbol identitas diri, jilbab sebagai kewajiban, jilbab sebagai perlindungan diri, jilbab sebagai simbol kebebasan wanita, jilbab sebagai kebutuhan sosial. 3) Setiap wanita berjilbab akan melakukan Impression Management atau pengelolaan kesan ketika berinteraksi dengan orang lain. Setiap mahasiswi muslimah menampilkan dirinya melalui jilbab untuk menyampaikan makna sesuai dengan keinginan dirinya. 4) Pemakaian jilbab berimplikasi terhadap relasi sosial mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, baik relasi yang dibangun dengan sesama umat Islam maupun kepada orang-orang non Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ustadi Hamsah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Makna Jilbab, Pengelolaan Kesan, Simbol Komunikasi
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Nov 2021 13:38
Last Modified: 08 Nov 2021 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum