PERAN TOKOH AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS IBADAH MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN NGADILUWIH DESA GEMARANG KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

FINA SYAFIQOTUL UMAMI, NIM. 17105020047 (2021) PERAN TOKOH AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS IBADAH MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN NGADILUWIH DESA GEMARANG KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TOKOH AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS IBADAH MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN NGADILUWIH DESA GEMARANG KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI)
17105020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN TOKOH AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS IBADAH MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN NGADILUWIH DESA GEMARANG KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI)
17105020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tokoh agama memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Tokoh agama merupakan aktor utama dibalik perubahan dinamika keagamaan, sosial, politik, dan kebangsaaan di Indonesia. Peran tokoh agama sangat penting khususnya dalam peningkatan intensitas ibadah baik didaerah perkotaan maupun pedesaan. Bahkan dalam pandangan masyarakat pedesaan tokoh agama adalah sebagai sosok yang sentral didalam berbagai permasalahan. Melihat situasi dan kondisi adanya pandemi sekarang peribadatan masyarakat semakin lebih menurun dan kondisi agama masih cukup mencemaskan karena dilihat dari kondisi masyarakat yang awam tentang agama dan juga dikarenakan adanya pandemi, semua peribadatan semakin tidak terarahkan. Maka dalam hal ini masyarakat sangat membutuhkan perhatian dari tokoh agama yang berada di Dusun Ngadiluwih, sebagai pemimpin untuk menggerakkan dan memberikan pemahaman tentang agama, dan memberikan arahan tentang bagaimana peribadatan ketika pada masa pandemi ini. Maka dengan ini terdapat dua fokus yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana peran tokoh agama Islam dalam meningkatkan intensitas ibadah masyarakat di era new normal di Dusun Ngadiluwih Desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi dan Apa saja upaya yang dilakukan tokoh agama Islam dalam meningkatkan intesitas ibadah masyarakat di era new normal di Dusun Ngadiluwih Desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan sosiologi agama. Cara pengumpulan data yang dipakai berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil wawancara tersebut dianalisa kemudian data dipilih sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Dusun Ngadiluwih ini ditemukan bahwa adanya status dan peran tokoh agama (kyai) memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Tokoh agama merupakan sosok yang mempunyai kharismatik, sangat dipercaya dan menjadi sebuah panutan bagi masyarakat. Maka dalam hal ini masyarakat sangat membutuhkan perhatian dari tokoh agama yang berada di Dusun Ngadiluwih, sebagai pemimpin untuk menggerakkan dan memberikan pemahaman tentang agama, dan memberikan arahan tentang bagaimana peribadatan ketika pada masa pandemi ini. Adapun upaya yang dilakukan tokoh agama dalam meningkatkan intensitas ibadah masyarakat yaitu dengan mempunyai inisiatif gerakan perangi Covid-19 bersama Tokoh Masyarakat dan masyarakat Dusun Ngadiluwih, dan membuat inisiasi program-program kajian dan juga memberikan bimbingan dan mengarahkan masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan menanamkan cinta kepada Rasulullah agar hidup lebih tentram dan bahagia. Dalam kehidupan otomatis harus ada satu usaha atau pola kebiasaan beribadah yang berkelanjutan yang harus kita lakukan, karena tanpa itu akan menjadi sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh Agama, Intensitas Ibadah, New Normal.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Nov 2021 22:11
Last Modified: 08 Nov 2021 22:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum