Akulturasi Budaya Sayyang Pattu’du dengan Agama Islam dalam Tradisi Khataman Al-Qur’an di Desa Bonde, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat

S. NAHRU, NIM : 17105020051 (2021) Akulturasi Budaya Sayyang Pattu’du dengan Agama Islam dalam Tradisi Khataman Al-Qur’an di Desa Bonde, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Akulturasi Budaya Sayyang Pattu’du dengan Agama Islam dalam Tradisi Khataman Al-Qur’an di Desa Bonde, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat)
17105020051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Akulturasi Budaya Sayyang Pattu’du dengan Agama Islam dalam Tradisi Khataman Al-Qur’an di Desa Bonde, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat)
17105020051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Percampuran budaya lokal dan agama sudah menjadi salah satu fenomena yang sering ditemukan diberbagai daerah, dengan adanya fenomena tersebut penelitian akulturasi budaya suku Mandar dengan agama Islam menjadi sangat penting dikaji karena tidak sedikit terjadi proses akulturasi budaya apabila ada budaya baru yang masuk ke dalam budaya yang asli. Hal itu mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terhadap akulturasi budaya yang berkembang di suku Mandar Desa Bonde yakni budaya sayyang pattu’du. Budaya sayyang pattu’du (kuda menari) menjadi salah satu ciri khas kebudayaan suku Mandar yang masih dipertahankan mulai pada zaman kerajaan Balanipa ke empat sampai sekarang. Untuk itu dalam penelitian ini penulis bertujuan mengetahui dan mengamati proses akulturasi budaya suku Mandar yakni sayyang pattu’du dengan budaya agama Islam dalam tradisi khataman Al-Qur’an, serta mengetahui proses perayaan budaya sayyang pattu’du dari awal perayaan sampai akhir dikarenakan ada beberapa perayaan lain yang harus diikutkan pada tradisi sayyang pattu’du. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologi agama. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan metode observasi untuk mengamati proses kegiatan budaya sayyang pattu’du, kemudian wawancara langsung dengan informan yang mana dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tokoh agama, pakar budaya, remaja masjid, pemerintah Desa Bonde, serta beberapa dokumentasi-dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini juga mencakup empat proses, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa budaya sayyang pattu’du masuk ke dalam agama Islam terjadi pada zaman kerajaan Balanipa ke empat dan mengalami percampuran budaya di antara keduanya, yakni budaya suku Mandar sayyang pattu’du dan budaya Islam yakni tradisi khataman Al-Qur’an, perayaan budaya sayyang pattu’du menjadi suatu tradisi yang dipersembahkan untuk anak-anak yang telah mengkhatamkan Al-Qur’annya serta perayaan ini memiliki tujuan dapat memotivasi anak-anak untuk lebih giat dalam mempelajari Al-Qur’an sebagaimana yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, selain itu dalam perayaan ini juga meliputi beberapa perayaan yang wajib dilaksanakan diantaranya tradisi kalindaqdaq (syair Mandar), parrawana (rebana), yang menjadi salah satu bagian dalam perayaan tradisi budaya sayyang pattu’du, tradisi ini dijalankan mulai dari awal perayaan sampai akhir perayaan budaya sayyang pattu’du, tradisi tersebut juga dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa hormat kepada nenek moyang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Salehudin, S.Th.I, M.A,
Uncontrolled Keywords: Akulturasi, Budaya, Sayyang Pattu’du, Islam
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Nov 2021 22:20
Last Modified: 08 Nov 2021 22:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum