AL BINYAH AL SARDIYYAH LI QISAS AL ATFAL AL SALAS LI KAMIL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH AKTANIYAH LI ALGIRDAS JULIEN GREIMAS)

Bening Permata Dini, NIM.: 17101010026 (2021) AL BINYAH AL SARDIYYAH LI QISAS AL ATFAL AL SALAS LI KAMIL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH AKTANIYAH LI ALGIRDAS JULIEN GREIMAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL BINYAH AL SARDIYYAH LI QISAS AL ATFAL AL SALAS LI KAMIL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH AKTANIYAH LI ALGIRDAS JULIEN GREIMAS))
17101010026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL BINYAH AL SARDIYYAH LI QISAS AL ATFAL AL SALAS LI KAMIL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH AKTANIYAH LI ALGIRDAS JULIEN GREIMAS))
17101010026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sastra anak adalah salah satu karya sastra yang dibuat khusus untuk anak-anak dengan bahasa dan pengalaman berdasarkan dunia anak. Karakteristik sastra anak yang menekankan nilai personal dan nilai pendidikan menjadikannya sebagai media pembelajaran bagi pembaca yaitu anak-anak. Adanya tema dan amanat yang disampaikan oleh karya sastra anak khususnya cerita anak menjadi hal yang perlu diperhatikan karena dari sanalah seorang anak mampu menyimpulkan sebuah pesan moral yang nantinya akan menjadi teladan bagi kehidupan anak-anak. Kemunculan tema dan amanat terbungkus dalam struktur cerita yang disajikan secara beragam. Untuk melihat struktur tersebut, diperlukan pendekatan struktural, salah satunya teori Aktansial Greimas. Dalam teorinya, Greimas menjelaskan enam fungsi aktan yang terdiri dari subjek, objek, pengirim, penerima, penentang, dan penolong yang saling berinteraksi menyampaikan sebuah tujuan. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji tiga cerita anak karya Kamil Kailani, yaitu Abdullah al-Barri wa Abdullah al-Bahri, Simsimah dan Umarah. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan delapan struktur aktansial dalam cerita Abdullah al-Barri wa Abdullah al-Bahri, sembilan struktur aktansial dalam kisah Simsimah, dan tujuh struktur aktansial dalam kisah Umarah. Berdasarkan struktur-struktur yang diungkap, peneliti melakukan analisis struktural semantik dan mengungkap tiga makna pesan moral, yaitu optimisme dan kejujuran sebagai transformasi nasib; kebaikan orang tua sebagai penjaga keselamatan anak; dan ketaatan pada orang tua sebagai transformasi nasib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Aktan, Sastra Anak, dan Etika Kanak-kanak.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2021 09:48
Last Modified: 01 Apr 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum