AL AMRAD AL IJTIMA'IYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "AL MASRUQ" LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH DAKHILIYYAH)

Sulaeman Apip Muttaqin, NIM.: 17101010038 (2021) AL AMRAD AL IJTIMA'IYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "AL MASRUQ" LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH DAKHILIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL AMRAD AL IJTIMA'IYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "AL MASRUQ" LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH DAKHILIYYAH))
17101010038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL AMRAD AL IJTIMA'IYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "AL MASRUQ" LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH DAKHILIYYAH))
17101010038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti menggunakan teori Patologi sosial sebagai pendekatannya. Objek material penelitian ini adalah cerpen Al-Qamis Al-Masruq karya Ghassan Kanafani. Penelitian ini dibatasi pada bentukbentuk patologi sosial dalam teks dimulai dari analisis unsur intrinsik berupa tokoh dan latar. Hasil penelitian terhadap cerpen Al-Qamis Al-Masruq yaitu penulis mengungkap dua unsur tokoh yang terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan selain it, selain itu penulis juga mengungkap unsur setting dan latar. Tokoh Abu Abd dalam cerpen bertindak sebagai tokoh utama sedangkan Ummul Abd, Abdurahman,Abu Samir dan Orang-orang Amerika bertindak sebagai tokoh tambahan. adapun unsur latar yaitu latar tempat dan waktu. Latar tempat dalam cerpen Al-Qamis Al-Masruq yaitu Kamp pengungsian, Kata yang secara spesifik menunjuk pada kamp pengungsian yaitu " خيام قرية النازحين ". Adapun latar waktu yang ditemukan dalam cerpen Al-Qamis} Al-Masruq yaitu pada malam hari dan pada saat hujan. Kata yang secara spesifik menunju waktu pada malam hari yaitu السماء المظلمة" " dapat dimaknai sebagai malam karena langit yang gelap umumnya terjadi pada malam hari. selain itu kata yang menunjukan malam hari jugai ditunjukan oleh kalimat" إن هذا المطر لن ينتهي الليلة " Sedangkan kata yang menunjukan pada saat hujan yaitu kata " ."المطر Dengan didahului pengungkapan unsur-unsur tokoh dan latar di atas penelitian ini mengungkap bentuk-bentuk patologi sosial sebagai tema utama penelitian ini. Setelah penulis melakukan penelitian terhadap cerpen Al-Qamis Al- Masruq karya Ghassan Kanafani, penulis menemukan empat bentuk patologi sosialyaitu kemiskinan, pengangguran, disharmonisasi keluarga dan tindakan kriminalitas berupa pencurian tepung dari gudang bantuan internasional dan kekerasan fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moh. Wakhid Hidayat.S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Al-Qamis Al-Masruq, Patologi Sosial, Pencurian
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2021 10:03
Last Modified: 10 May 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum