METODOLOGI PENAFSIRAN ZIAUDIN SARDAR (STUDI ATAS BUKU READING THE QUR’AN: THE CONTEMPORARY RELEVANCE OF THE SACRED TEXT OF ISLAM)

Rani, NIM. 17105030006 (2021) METODOLOGI PENAFSIRAN ZIAUDIN SARDAR (STUDI ATAS BUKU READING THE QUR’AN: THE CONTEMPORARY RELEVANCE OF THE SACRED TEXT OF ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODOLOGI PENAFSIRAN ZIAUDIN SARDAR (STUDI ATAS BUKU READING THE QUR’AN: THE CONTEMPORARY RELEVANCE OF THE SACRED TEXT OF ISLAM))
17105030006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODOLOGI PENAFSIRAN ZIAUDIN SARDAR (STUDI ATAS BUKU READING THE QUR’AN: THE CONTEMPORARY RELEVANCE OF THE SACRED TEXT OF ISLAM))
17105030006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ziauddin Sardar merupakan pemikir muslim sekaligus saintis yang menafsirkan Al-Qur’an secara tematik-kontekstual yang dituangkan ke dalam karya yang berjudul Reading the Qur’an: The Contemporary Relevance of the Sacred Text of Islam. Skripsi ini akan membahas tentang metodologi penafsiran Al-Qur’an Ziauddin Sardar. Permasalahan pokok penelitian ini ialah: pertama, bagaimana konstruksi metodologi yang ditawarkan oleh Ziauddin Sardar? Kedua, bagaimana aplikasi serta relevansinya dengan konteks keindonesiaan? Terdapat beberapa alasan mengapa pembahasan tentang pemikiran Ziauddin Sardar terkait dengan metodologi penafsiran Al-Qur’an penting untuk dibahas. Pertama, Ziauddin Sardar merupakan seorang ilmuan muslim yang memiliki semangat tinggi dan kegigihan dalam memahami Al-Qur’an. Kedua, keberanian Ziauddin Sardar mengkritik metodologi penafsiran yang selama ini telah dianggap mapan dan tidak dapat diganggu gugat. Ketiga, latar belakang Ziauddin Sardar yang merupakan seorang ilmuan sains yang secara terang-terangan mengaku tidak memahami bahasa Arab dan menggunakan terjemahan sebagai titik berangkat penafsirannya. Keempat, tujuan Ziuddin Sardar dalam metodologinya yang bertujuan untuk mewujudkan nilai Al-Qur’an yang s}a>lihun li kulli zama>n wa maka>n dengan pendekatan kontekstual dan argumentatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosio-historis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Adapun operasional metodologis penelitian ini secara garis besar dilakukan melalui lima langkah, yaitu pengumpulan data, klasifikasi data, menyusun data-data dan selanjutnya pengolahan dan interpretasi data. Hasil penelitian ini adalah: pertama, konstruksi dari metodologi ini adalah mengkaji Al-Qur’an dengan menggali makna universal dari suatu ayat dengan memperhatikan konteks historis dan menemukan relevansi dengan konteks kekinian agar Al-Qur’an bisa menjadi problem solving atas permasalahan umat abad-21. Kedua, untuk mengaplikasikan metodologi ini langkah pertama adalah mendekati Al-Qur’an sebagai teks yang hidup yakni dengan menggali pesan dengan memperhatikan konteks historis saat pewahyuan. Selanjutnya mencari makna universal yang berisi nilai-nilai dasar Al-Qur’an, kemudian disempurnakan dengan mencari relevansi ayat dengan situasi di abad-21 agar bisa menjawab problem-problem yang dihadapi terutama oleh umat Islam dengan mengambil petunjuk moral pada kitab yang sejatinya menjadi petunjuk bagi manusia. Pemikiran Ziauddin Sardar yang berfokus pada kontekstualisasi Al-Qur’an relevan dengan konteks keindonesiaan yang juga mengalami berbagai problematika terutama yang berhubungan dengan pemahaman terhadap teks suci yang seringkali dipahami dengan keliru. Kontekstualisasi Al-Qur’an bisa menjadi salah satu alternatif untuk memahami Al-Qur’an sesuai dengan problematika yang dihadapi masyarakat muslim Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahbub Ghozali
Uncontrolled Keywords: Metodologi penafsiran, Kontekstual, relevansi
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 09 Nov 2021 12:24
Last Modified: 09 Nov 2021 12:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum