DEHUMANISASI DALAM NOVEL HARBU AL-KALBI AS-SANIYAH KARYA IBRAHIM NASRALLAH (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Afifah Laili Sofi Alif, NIM.: 18201010005 (2021) DEHUMANISASI DALAM NOVEL HARBU AL-KALBI AS-SANIYAH KARYA IBRAHIM NASRALLAH (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DEHUMANISASI DALAM NOVEL ḤARBU AL-KALBI AṠ-ṠANIYAH KARYA IBRAHIM NASRALLAH (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
18201010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DEHUMANISASI DALAM NOVEL ḤARBU AL-KALBI AṠ-ṠANIYAH KARYA IBRAHIM NASRALLAH (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
18201010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dengan judul Dehumanisasi dalam Novel Ḥarbu al-Kalbi aṡ-Ṡaniyah Karya Ibrahim Nasrallah bertujuan untuk mengetahui dehumanisasi dalam novel Ḥarbu al-Kalbi aṡ-Ṡaniyah Karya Ibrahim Nasrallah berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes pada tataran denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena dehumanisasi yang telah ada di sekitar masyarakat, berupa fenomena penolakan jenazah covid-19 di Indonesia di masa awal pandemi menyebar, serta kisah dalam novel dengan latar masa depan di tempat yang tidak diketahui keberadaannya, menceritakan gambaran terburuk manusia masa depan hingga mengarah pada fenomena dehumanisasi yang tersampaikan melalui makna tersirat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Adapun metode analisis adalah metode deskriptif analisis dengan mendeskripsikan fakta-fakta kemudian menganalisa objek materialnya dari kutipan-kutipan teks novel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga puluh lima kutipan dengan pembagiannya menjadi dua kelompok yaitu perilaku dehumanisasi dan faktor penyebab dehumanisasi dalam novel dengan sub-bab sebagai berikut : Perilaku dehumanisasi yaitu: Tindakan Kekerasan, Hilangnya Sikap Empati, Menghina atau Merugikan Orang Lain. Adapun Faktor Penyebab Terjadinya Dehumanisasi yaitu: Dominasi Penguasa Terhadap Masyarakat dan Kecanggihan Teknologi. Mitos yang terdapat dalam novel Ḥarbu al-Kalbi aṡ-Ṡaniyah diantaranya, yaitu : 1) Bila tidak satu pemahaman, bukanlah bagian dirinya atau komunitas, 2) Solusi penyelesaian masalah dengan tindak kekerasan, 3) Keegoisan seseorang melibatkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi, 4) Validitas eksistensi seseorang berada pada perbedaan, 5) Seorang salinan ialah penjahat identitas, 6) Sebaik-baik tempat bagi pelaku perkelahian adalah kuburan, 7) Masalah manusia terselesaikan dengan jalan debat dan penyerangan terhadap lawannya, 8) Keinginan manusia berlandaskan nafsu belaka dan cenderung memaksa orang lain, 9) Manusia bila di posisi terpuruk tidak dapat membedakan mana benar dan salah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Dehumanisasi, Novel Ḥarbu al-Kalbi aṡ-Ṡaniyah, Ibrahim Nasrallah.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2021 13:27
Last Modified: 09 Nov 2021 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum