PERBANDINGAN FILM “MUGAMARAT SINBĀD” DENGAN FILM “LIFE OF PI” HASIL EKRANISASI HIKAYAT SINBAD FI QISSAHALFU LAILAH WA LAILAH DAN NOVEL LIFE OF PI (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)

Tri Ana Etikasari, NIM.: 19201010001 (2021) PERBANDINGAN FILM “MUGAMARAT SINBĀD” DENGAN FILM “LIFE OF PI” HASIL EKRANISASI HIKAYAT SINBAD FI QISSAHALFU LAILAH WA LAILAH DAN NOVEL LIFE OF PI (KAJIAN SASTRA BANDINGAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“PERBANDINGAN FILM “MUGĀMARĀT SINBĀD” DENGAN FILM “LIFE OF PI” HASIL EKRANISASI HIKĀYAT SINBĀD FĪ QIṢṢAḤ ALFU LAILAH WA LAILAH DAN NOVEL LIFE OF PI (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)”)
19201010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (“PERBANDINGAN FILM “MUGĀMARĀT SINBĀD” DENGAN FILM “LIFE OF PI” HASIL EKRANISASI HIKĀYAT SINBĀD FĪ QIṢṢAḤ ALFU LAILAH WA LAILAH DAN NOVEL LIFE OF PI (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)”)
19201010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tesis ini berjudul “Perbandingan Film Mugāmarāt Sinbād dengan Film Life Of Pi Hasil Ekranisasi dari Hikāyat Sinbād Fī Qiṣṣaḥ Alfu Lailah Wa Lailah dan Novel Life of Pi (Kajian Sastra Bandingan). Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak ditemukannya kemiripan yang terdapat pada dua karya sastra yang sering kali diduga dengan adanya faktor keterkaitan atau keterpengaruhan antara keduanya. Sedangkan kemiripan bisa saja terjadi secara kebetulan ataupun sengaja dilakukan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menemukan persamaan, perbedaan dan keterkaitan antara dua karya seni yaitu Film Mugāmarāt Sinbād dengan Film Life Of Pi. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode perbandingan dengan menggunakan madzhab/aliran Prancis dan juga menggunakan bantuan metode ekranisasi untuk menemukan persamaan, perbedaan dan keterkaitan yang ada dalam unsur struktural antara kedua novel dan film tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekranisasi atau pengalihwahanaan mau tidak mau mengakibatkan berbagai perubahan. Perubahan tersebut diantaranya adalah 1) Penciutan atau pengurangan, 2) Penambahan atau perluasan, serta 3) Perubahan bervariasi atau perubahan dengan sejumlah variasi. Persamaan dan perbedaan yang ada pada film Mugāmarāt Sinbād dan film Life Of Pi terlihat dari beberapa aspek, yaitu pada tema, latar penokohan dan alur. Adapun setelah melihat latar belakang dan kesejarahan kedua film, terlihat adanya keterkaitan dari keduanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aning Ayu Kusumawati, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Sinbād (Dalam Hikāyat Sinbād Fī Qiṣṣaḥ Alfu Lailah Wa Lailah), Life Of Pi, Ekranisasi, Sastra Bandingan
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2021 14:21
Last Modified: 09 Nov 2021 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum