KONTRUKSI SOSIAL DAN DISKRIMINASI TERHADAP PEDAGANG PEREMPUAN (Studi Kasus pada Pedagang Kaki Lima Pasar Baru Cikarang Desa Cikarang Kota Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi)

IRHAM WALID, NIM. 17105040020 (2021) KONTRUKSI SOSIAL DAN DISKRIMINASI TERHADAP PEDAGANG PEREMPUAN (Studi Kasus pada Pedagang Kaki Lima Pasar Baru Cikarang Desa Cikarang Kota Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRUKSI SOSIAL DAN DISKRIMINASI TERHADAP PEDAGANG PEREMPUAN (Studi Kasus pada Pedagang Kaki Lima Pasar Baru Cikarang Desa Cikarang Kota Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi))
17105040020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRUKSI SOSIAL DAN DISKRIMINASI TERHADAP PEDAGANG PEREMPUAN (Studi Kasus pada Pedagang Kaki Lima Pasar Baru Cikarang Desa Cikarang Kota Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi))
17105040020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Konstruksi Sosial dan Diskriminasi Gender Terhadap Pedagang Perempuan (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Pasar Baru Cikarang Desa Cikarang Kota Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi). Penelitian ini melihat cara pandang masyarakat mengkonstruk Pedagang Kaki Lima (PKL) perempuan yang berdagang pada malam hari di Pasar Baru Cikarang, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi dan bagaimana diskriminasi gender terjadi terhadap PKL Perempuan Pasar Baru Cikarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengdeskripsikan konstruksi sosial yang dibangun masyarakat terhadap PKL perempuan yang berdagang pada malam hari di Pasar Baru Cikarang dan bagaimana diskriminasi gender terhadap perempuan yang berdagang pada malam hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Peter L Berger dan Thomas Luckman yaitu konstruksi sosial dan menggunakan teori gender. Teori konstruksi sosial melihat dan memandang dengan tiga tahapan di antaranya yaitu eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi, teori gender membahas tentang diskriminasi gender dengan pola-pola diksriminasi gender di antaranya yaitu Stereotip, beban ganda, subordinasi dan Kekerasan. Adapun data penelitian dikumpulkan dengan observasi partisipatif dengan mengikuti kegiatan PKL perempuan yang berdagang pada malam hari dan menggunakan dokumentasi. Adapun jumlah PKL yang diteliti adalah 5 orang PKL yang berdagang pada malam di Pasar Baru Cikarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat Desa Cikarang Kota mengkonstruk PKL perempuan yang berdagang pada malam hari adalah baik dilakukan dan ada yang mengkonstruk tidak baik dilakukan. Konstruk tersebut tidak lain dari eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi terhadap PKL perempuan yang berdagang pada malam hari Pasar Baru Cikarang. Penelitian ini melihat bagaimana diskriminasi gender terhadap PKL perempuan yang berdagang pada malam hari di Pasar Baru Cikarang bisa terjadi. Diskriminasi gender yang dialami oleh PKL perempuan diantaranya adalah adanya stereotip terhadap PKL perempuan, beban ganda yang dialaminya, Subordinasi yang dialami PKL perempuan dan adanya kekerasan terhadap PKL perempuan yang berdagang pada malam hari di Pasar Baru Cikarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ratna Istriyani M.A
Uncontrolled Keywords: PKL Perempuan, Konstruksi Sosial, Diskriminasi Gender
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 09 Nov 2021 18:42
Last Modified: 09 Nov 2021 18:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum