PASUKAN SEMUT: KONTRIBUSI SANTRI DALAM MENUMBUHKAN MASYARAKAT CINTA LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL – IMDAD BANTUL YOGYAKARTA

M. Fajrul Rakhman, NIM.: 17102030066 (2021) PASUKAN SEMUT: KONTRIBUSI SANTRI DALAM MENUMBUHKAN MASYARAKAT CINTA LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL – IMDAD BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PASUKAN SEMUT: KONTRIBUSI SANTRI DALAM MENUMBUHKAN MASYARAKAT CINTA LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL – IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
17102030066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PASUKAN SEMUT: KONTRIBUSI SANTRI DALAM MENUMBUHKAN MASYARAKAT CINTA LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL – IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
17102030066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasukan Semut adalah sekelompok santri sukarela yang bertugas mengambil sampah baik di pondok maupun di masyarakat. Pasukan semut ini dibuat karena melihat keresahan masyarakat berkaitan dengan masalah sampah yang membuat lingkungan tinggal tidak nyaman. Masalah ini menunjukkan bahwa masih banyak dari masyarakat yang tidak cinta dengan lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu pondok pesantren Al – Imdad berusaha membantu menyelesaikan masalah tersebut melalui program – program cinta lingkungan yang dimiliki oleh pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pondok pesantren dalam menumbuhkan masyarakat cinta lingkungan beserta dampak yang dirasakan oleh masyarakat tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yang diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data penelitian ini dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya data yang diperoleh dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan dan dampak dari program pesantren dalam menumbuhkan masyarakat cinta lingkungan. Program cinta lingkungan yang dimiliki pesantren diantaranya adalah pasukan semut. Dalam pelaksanaannya terbagi kepada beberapa tahapan, yaitu pengambilan sampah, pemilahan sampah, penyortiran sampah, penggilingan sampah, dan pembuangan sampah. Dampak yang dirasakan masyarakat terbagi menjadi; (1) Dampak Sosial, kesadaran masyarakat meningkat dan timbul rasa solidaritas sosial antar masyarakat (2) Dampak Ekonomi, sampah yang dikelola akan mendatangkan nilai ekonomi yang lebih baik serta pengeluaran masyarakat lebih hemat (3) Dampak Lingkungan, Lingkungan tempat tinggal masyarakat tampak lebih bersih dan tertata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suyanto, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pasukan Semut, Cinta Lingkungan, Pondok Pesantren Al – Imdad
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:54
Last Modified: 10 Nov 2021 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum