BERTAHAN HIDUP DI ERA PANDEMI: STRATEGI KETAHANAN EKONOMI PELAKU USAHA BIDANG PANGAN DI PASAR GENTONGAN KLATEN

Sendi Anggi Titania, NIM.: 17102030073 (2021) BERTAHAN HIDUP DI ERA PANDEMI: STRATEGI KETAHANAN EKONOMI PELAKU USAHA BIDANG PANGAN DI PASAR GENTONGAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BERTAHAN HIDUP DI ERA PANDEMI: STRATEGI KETAHANAN EKONOMI PELAKU USAHA BIDANG PANGAN DI PASAR GENTONGAN KLATEN)
17102030073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BERTAHAN HIDUP DI ERA PANDEMI: STRATEGI KETAHANAN EKONOMI PELAKU USAHA BIDANG PANGAN DI PASAR GENTONGAN KLATEN)
17102030073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Adanya wabah di Indonesia yang bernama Novel Corona Virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini berdampak diberbagai sendisendi kehidupan seperti kesehatan, keagamaan, sosial, budaya sampai ke perekonomian. Selain itu virus ini juga mengakibatkan akses jual-beli dipusat perbelanjaan seperti Pasar Gentongan terhambat dan pelaku usaha yang paling terdampak adalah usaha bidang pangan, karena memiliki daya tahan yang relatif lebih singkat dari pada usaha yang lainya. Maka, diperlukan beberapa strategi untuk mempertahankan perekonomian pelaku usaha . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berlokasi di Pasar Gentongan, Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak Covid-19 yang dialami pelaku usaha dan mengetahui beberapa survival mechanism dimasa pandemi. Mengunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya wabah Covid-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian pelaku usaha khususnya dibidang pangan dampaknya seperti aktivitas jual beli sepi, pembusukan dan kadaluarsa, minat pembeli yang menurun karena naiknya harga barang dan mengalami penurunan omset. Maka, diperlukan beberapa Survival Mechanism untuk menghadapi masa-masa sulit pandemi Covid-19, antara lain mencari tambahan penghasilan, berjualan online, berhutang, mengurangi dan menganti kebutuhan sehari-hari yang lebih murah serta mengurangi barang dagangan yang masuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Survival Mechanism, pelaku usaha, perekonomian
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 10 Nov 2021 09:02
Last Modified: 10 Nov 2021 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum