IMPLEMENTASI PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI JEMAAH HAJI REGULER (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020)

Rini Khaerunnisa, NIM.: 17102040015 (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI JEMAAH HAJI REGULER (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI JEMAAH HAJI REGULER (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020))
17102040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI JEMAAH HAJI REGULER (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020))
17102040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ibadah haji merupakan impian dari setiap orang muslim, banyaknya pendaftar haji menyebabkan antrean yang cukup panjang. Dalam masa tunggu keberangkatan haji tidak sedikit jemaah yang mengalami perubahan kondisi berupa sakit permanen atau meninggal dunia tetapi solusinya hanya dibatalkan saja. Sebagai wujud rasa kemanusiaan hadirnya Undang-Undang Nomor 08 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah serta Keputusan Direktur Jenderal Nomor 130 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pelimpahan Nomor Porsi Jemaah Haji Meninggal Dunia dan Sakit Permanen menjawab permasalah tersebut. Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan pelimpahan nomor porsi jemaah haji reguler (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020). Mengggunakan teori kualitas pelayanan dan standar pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalahh analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pelayanan pelimpahan nomor porsi jemaah haji reguler yang dilakukan oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta sudah baik. Bentuk pelayanan pelimpahan nomor porsi haji Seksi PHU yaitu sebagai verifikator dan pemberi rekomendasi kepada jemaah pelimpahan nomor porsi. Kemudian berdasarkan indikator yang dilakukan peneliti antara lain: pertama, mengukur dari standar pelayanan, hasil dari penerapan standar pelayanan pada Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta adalah sudah sesuai dengan standar pelayanan yang baik menurut MENPAN Nomor 63 Tahun 2004. Kedua, mengukur dari kualitas pelayanan menurut Parasuraman dari beberapa dimensi antara lain tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, terlihat jelas bahwa Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta telah memberikan pelayanan yang baik sehingga jemaah pelimpahan merasa puas. Terbukti dari nomor porsi jemaah haji dapat terlimpahkan dan sejauh ini tidak ada masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pelayanan, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 10 Nov 2021 09:53
Last Modified: 10 Nov 2021 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum