NILAI-NILAI TA’LIM MUTA’ALIM DALAM KESEHARIAN SANTRI PONDOK PESANTREN BIDAYATUL HIDAYAH

Muhammad Nurhuda, NIM.: 16510050 (2021) NILAI-NILAI TA’LIM MUTA’ALIM DALAM KESEHARIAN SANTRI PONDOK PESANTREN BIDAYATUL HIDAYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TA’LIM MUTA’ALIM DALAM KESEHARIAN SANTRI PONDOK PESANTREN BIDAYATUL HIDAYAH)
16510050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TA’LIM MUTA’ALIM DALAM KESEHARIAN SANTRI PONDOK PESANTREN BIDAYATUL HIDAYAH)
16510050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab yang diajarkan dibanyak Pondok Pesantren, baik Pondok Pesantren salaf maupun modern. Salah satu Pondok Pesantren yang mengajarkan kitab tersebut ialah Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Digunakannya kitab tersebut sebagai salah satu kurikulum dalam Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah disebabkan, dalam kitab tersebut terdapat banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelusuri nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’allim dalam keseharian santri Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Oleh sebab itu, maka metode penelitian dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian tersebut dirasa relevan untuk menelusuri nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’allim dalam keseharian santri Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, sebagaimana menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini ialah: pertama, terdapat banyak nilai yang terkandung dalam kitab ta’lim muta’allim, yang kemudian dapat jadikan pedoman bagi para santri Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, nilai-nilai tersebut diantaranya ialah: a). Cinta terhadap ilmu, b). Cinta kedamaian, c). Demokratis, d). Bersahabat atau berkomunikatif, e). Tawadhu’, f). Cerdas, g). Bersungguh-sungguh, h). Rajin, i). Syukur, j). Zuhud, k). Tawakal, l). Sabar, m). Belas kasih, n). Husnudzan, o). Wara’, p). Jujur. Nilai-nilai tersebut diharapkan agar para santri Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah dapat menyerap, memahami dan menerapkan nilai-nilai yang ada dalam kitab ta’lim muta’alim sehingga seorang santri dapat termotivasi untuk menanamkan pada dirinya untuk mempunyai akhlak yang mulia. Kedua, Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah menggunakan kitab ta’lim muta’alim sebagai salah satu kurikulumnya disebabkan dalam kitab tersebut terdapat banyak manfaat yang akan didapat oleh para santrinya, diantaranya yaitu: agar para santrinya mendapat ilmu yang bermanfaat dan barokah. Serta agar para santri dalam kehidupannya memiliki perilaku yang berakhlak dan bisa membentuk karakter yang baik untuk dirinya masing-masing, serta dapat menjadi contoh bagi yang lainnya. Ketiga, Mengimplementasikan nilai-nilai yang ada dalam kitab ta’lim muta’alim di kehidupan dan keseharian santri sehingga dapat menciptakan hubungan baik antara santri, Kyai, orang tua, masyarakat dan dapat menjaga nama baik Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Kemudian mendapatkan manfaat dan berokah dalam menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mutiullah, S.Fil.I. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Kitab Ta’lim Muta’allim, Santri, Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2021 11:26
Last Modified: 10 Nov 2021 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum