KECERDASAN SPIRITUAL MENURUT MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA GUCI, KECAMATAN GODONG, KABUPATEN GROBOGAN)

Diah Nikmatul Chasanah, NIM.: 16520010 (2021) KECERDASAN SPIRITUAL MENURUT MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA GUCI, KECAMATAN GODONG, KABUPATEN GROBOGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECERDASAN SPIRITUAL MENURUT MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA GUCI, KECAMATAN GODONG, KABUPATEN GROBOGAN))
16520010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KECERDASAN SPIRITUAL MENURUT MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA GUCI, KECAMATAN GODONG, KABUPATEN GROBOGAN))
16520010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai hidup yang lebih luas. Kecerdasan spiritual sangat penting dan diperlukan dalam pembentukan karakter untuk masyarakat Jawa khususnya masyarakat Desa Guci. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Jawa khususnya Desa Guci mengenai kecerdasan spiritual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif, dengan jenis data lapangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penggunaan Teknik wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi agama. Analisis yang dilakukan dengan mendeskripsikan tentang kecerdasan spiritual menurut masyarakat Jawa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori kecerdasan spiritual oleh Danah Zohar dan Ian Marshall. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Ditemukan bahwa pandangan masyarakat Desa Guci mengenai kehidupan yang penuh makna dan nilai adalah ketika masyarakat dapat mengaplikasikan nilai-nilai seperti saling menghargai, saling menolong, dan saling menghormati antar sesama, dapat hidup rukun. 2. Konsep kehidupan masyarakat Desa Guci dan relevansinya dengan kecerdasan spiritual adalah semakin masyarakat melaksanakan hal-hal positif, atau yang tercakup dalam aspek kecerdasan spiritual, maka mereka akan semakin menunjukkan kebaikan di dalam kehidupan. 3. Kecerdasan spiritual yang dipraktekkan oleh masyarakat Desa Guci tergolong baik, hal ini disebabkan oleh faktor emosional, faktor budaya, dan faktor kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Roni Ismail, S.Th.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sipitual, Makna, Masyarakat Jawa
Subjects: Budaya dan Agama
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2021 11:31
Last Modified: 10 Nov 2021 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum