KONSTRUKSI METODOLOGI HADIS TENTANG KESEHATAN MENTAL DALAM KITAB AL-HADIS AL-NABAWI WA ‘ILM AL-NAFS KARYA MUHAMMAD ‘USMAN NAJATI

Fina Fatmah, NIM.: 16551015 (2021) KONSTRUKSI METODOLOGI HADIS TENTANG KESEHATAN MENTAL DALAM KITAB AL-HADIS AL-NABAWI WA ‘ILM AL-NAFS KARYA MUHAMMAD ‘USMAN NAJATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI METODOLOGI HADIS TENTANG KESEHATAN MENTAL DALAM KITAB AL-H{ADI>S| AL-NABAWI> WA ‘ILM AL-NAFS KARYA MUH{AMMAD ‘US|MA>N NAJA>TI)
16551015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI METODOLOGI HADIS TENTANG KESEHATAN MENTAL DALAM KITAB AL-H{ADI>S| AL-NABAWI> WA ‘ILM AL-NAFS KARYA MUH{AMMAD ‘US|MA>N NAJA>TI)
16551015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sejak maraknya gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan, yakni sekitar tahun 1970-an akhir, upaya pengkajian psikologi yang berwawasan Islam pun banyak bermunculan. kajian itu muncul berupa pertemuan-pertemuan ilmiah (seminar) dan banyak yang berupa buku/kitab. Salah satunya adalah al-H{adi>s| al-Nabawi> wa ‘ilm al-Nafs karya Muh{ammad ‘Us|ma>n Naja>ti>. Dilihat dari judulnya, kitab ini berisi perpaduan antara kajian psikologi dan hadis Nabi. Dari sini penulis akan membaca kitab tersebut dari sudut pandang ilmu hadis, yakni menunjukkan bagaimana Najati memaparkan dan memahami hadis dalam kitab al-H{adi>s| al-Nabawi> wa ‘ilm al-Nafs. Penulis memfokuskan penelitian ini pada salah satu bab dari kitab tersebut yakni kesehatan mental dalam tinjauan hadis. Untuk melihat lebih jelasnya, penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode library research (kepustakaan). Sumber data primer yang digunakan adalah kitab al-H{adi>s| al-Nabawi> wa ‘ilm al-Nafs. Penulis mengumpulkan data-data yang ada dari kitab tersebut kemudian mengolahnya dengan metode deskriptif analitif, yakni mengumpulkan dan menyusun data dalam bentuk deskriptif kemudian disertai analisis terhadap data yang didapat. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Naja>ti> memaparkan hadis berbeda dengan tren pemaparan hadis yang digunakan oleh para ulama hadis yang harus menyebutkan sanad, rawi, dan matan hadis secara lengkap. Pemaparan hadis dalam kitab ini dilihat dari sisi kelengkapan matan, pengutipan sumber, dan kualitas hadis. Kedua, pemahaman hadis yang digunakan Najati adalah cenderung tekstual, karena dilihat dari pemaparannya, hadis-hadis pada kitab tersebut hanya berfungsi sebagai dalil legitimasi dari tema yang Najati bahas. Pada akhinya, pemilihan hadis dan pemaknaan hadis dalam kitab tersebut dipengaruhi oleh latar belakang Najati yang memang hanya berfokus pada ilmu jiwa atau psikologi dan bukan ilmu hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Indal Abror, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metodologi, Hadis, Psikologi, Usman Najati
Subjects: Hadis
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2021 12:06
Last Modified: 10 Nov 2021 12:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum