METODE DAKWAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI PEMUDA PADA PROGRAM PASAR DAKWAH NAWALA TV DI AIKMEL, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT

Agus Supriadi, NIM.: 17102010010 (2021) METODE DAKWAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI PEMUDA PADA PROGRAM PASAR DAKWAH NAWALA TV DI AIKMEL, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE DAKWAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI PEMUDA PADA PROGRAM PASAR DAKWAH NAWALA TV DI AIKMEL, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT)
17102010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE DAKWAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI PEMUDA PADA PROGRAM PASAR DAKWAH NAWALA TV DI AIKMEL, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT)
17102010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nawala TV adalah salah satu media komunitas yang menyiarkan tayangannya melalui TV kabel dan streaming melalui Facebook. Salah satu program dakwahnya adalah Pasar Dakwah yaitu program yang dirancang untuk menarik minat mengaji pemuda yang berada di sekitar belakang pasar Aikmel, Lombok Timur. Fenomena ini menarik untuk dikaji guna mendeskripsikan metode dakwah yang digunakan Nawala TV dan juga seberapa jauh dampak program Pasar Dakwah tersebut dalam menumbuhkan minat mengaji Pemuda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori norma budaya yang dipopulerkan oleh Melvin Defleur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data tersebut , hasil dari penelitian ini adalah (1) Metode dakwah yang digunakan Nawala TV terbagi menjadi tiga bagian yaitu program Pasar Dakwah yang menumbuhkan minat mengaji pemuda di Nawala TV, penerapan unsur-unsur komunikasi dakwah, dan pendekatan dengan pemuda. (2) Dampak dari program Pasar Dakwah adalah yakni tumbuhnya minat mengaji pemuda desa Aikmel dan berdampak pada perbaikan norma-norma agama di tengah masyarakat, terbukti dari keterkaitan pemuda dalam program-program sosial-keagamaan di Aikmel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mohammad Zamroni, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nawala TV, Metode, Pemuda, program Pasar Dakwah.
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:26
Last Modified: 11 Nov 2021 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum