ANALISIS PENGUKURAN KINERJA BALANCED SCORECARD PADA ORGANISASI PUBLIK (STUDI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Nur Zakiyah Mukarromah, NIM.: 17102040031 (2021) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA BALANCED SCORECARD PADA ORGANISASI PUBLIK (STUDI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGUKURAN KINERJA BALANCED SCORECARD PADA ORGANISASI PUBLIK (STUDI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
17102040031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGUKURAN KINERJA BALANCED SCORECARD PADA ORGANISASI PUBLIK (STUDI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
17102040031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya setiap organisasi selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan organisasinya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, tiap organisasi harus memiliki visi besar yang kemudian diterjemahkan dalam aktivitas partikular organisasi. Meski begitu, dalam upaya pengendalian organisasi diperlukan sebuah evaluasi kinerja yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan organisasi dalam mendekati atau mencapai sebuah visi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dari di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Teori yang digunakan adalah teori pengukuran kinerja Balanced Scorecard merupakan salah satu sistem pengukuran kinerja organisasi yang menggunakan empat aspek ukur yakni ; Pelanggan (Customer Value), Internal Bisnis Organisasi (Internal Bussines Organization), Pembelajaran dan Pertumbuhan (Learning and Growthing), dan Keuangan (Finance). Balanced Scorecard memiliki model evaluasi kinerja yang mampu diimplementasikan dalam organisasi publik. Organisasi Publik memiliki bentuk produk jasa yang berorientasi pada kenyamanan dan kepuasan publik atau masyarakat. Analisis pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard pada organisasi publik menjadi hal menarik karena dalam Balanced Scorecard terhadap organisasi publik menempatkan perspektif Customer Value sebagai tolok ukur utama. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan mix method.Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data dengan uji validitas untuk data kuantitatif dan triangulasi sumber untuk data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta tergolong baik. Seluruh indikator yang meliputi; perspekstif Customer Value mencapai 63,3 % kepuasan, Internal Bussines Organization memiliki 26 inovasi , Learning and Growthing memiliki 6 program dan Finance menunjukkan hasil rasio ekonomis tahun 2019 ialah 98% dan 2020 ialah 95%, sedang pada rasio efektifitas dan efisiensi pada tahun 2019 dan 2020 mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M . Rosyid Ridla, M,Si
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Kanwil Kemenag DIY
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:26
Last Modified: 11 Nov 2021 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum