MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS SRILI DALAM MEMBANGUN DIALOG LINTAS AGAMA (STUDI KASUS PASKA KONFLIK GPDI IMMANUEL SEDAYU)

Diana Yuli Pertiwi, NIM.: 17102010011 (2021) MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS SRILI DALAM MEMBANGUN DIALOG LINTAS AGAMA (STUDI KASUS PASKA KONFLIK GPDI IMMANUEL SEDAYU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS SRILI DALAM MEMBANGUN DIALOG LINTAS AGAMA (STUDI KASUS PASKA KONFLIK GPDI IMMANUEL SEDAYU))
17102010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS SRILI DALAM MEMBANGUN DIALOG LINTAS AGAMA (STUDI KASUS PASKA KONFLIK GPDI IMMANUEL SEDAYU))
17102010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Stereotype negatif dan kurangnya pemahaman mengenai toleransi kerap menjadi faktor terbentuknya konflik agama. Seperti konflik GPdI Immanuel Sedayu yang dilatarbelakangi penolakan dan pencabutan IMB oleh Pemerintah Bantul. Srili bergabung dalam upaya penyelesaian dan paska konflik menggunakan komunikasi personal dan dialog lintas agama. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya Srili dalam membangun dialog lintas agama paska konflik GPdI Immanuel Sedayu? Bagaimana hambatan yang dirasakan Srili saat membangun dialog lintas agama paska konflik GPdI Immanuel Sedayu? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori interaksi simbolik. Jenis penelitian adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model komunikasi interpersonal komunitas Srili dalam membangun dialog lintas agama adalah dengan menekankan tingkat pengetahuan Srili dan masyarakat terhadap simbol yang dikomunikasikan. Penggunaan suasana non-formal, pertanyaan terbuka, dan penggunaan baha verbal dan non verbal dalam proses dialog membuat dialog lintas agama dapat mudah dilakukan. Selain itu perkenalan yang dilakukan oleh Srili kepada masyarakat membuat masyarakat lebih mengenal dan jauh dari intimidasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Seiren Ikhtiara, M.A
Uncontrolled Keywords: Srili, GPdI Immanuel Sedayu, dialog lintas agama.
Subjects: Komunikasi Sosial
Konflik
Toleransi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:37
Last Modified: 11 Nov 2021 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum