KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1)

Khoirina Nur Auliya, NIM.: 17102010028 (2021) KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1))
17102010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1))
17102010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Konstruksi perempuan berhijab merukan penggambaran sosok perempuan berhijab yang ditampilkan kepada publik. Konstruksi seringkali dipakai dalam dunia penyiaran, salah satunya adalah iklan. Produser pembuat iklan melakukan sebuah konstruksi dalam proses pembuatan iklan, sebelum iklan tersebut ditayangkan ke hadapan publik dengan tujuan agar penggambaran yang sampai kepada publik sesuai dengan keinginan produsen iklan. Konstruksi iklan terjadi melalui lima tahapan penting yang juga dilalui oleh iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi “Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa”, yaitu tahap persiapan materi konstruksi, tahap sebaran konstruksi, tahap pembentukan konstruksi realitas, tahap konfirmasi, dan tahap keputusan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi iklan tentang perempuan berhijab dalam iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi “Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa” dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda yang muncul berdasarkan ikon, indeks, simbol dan memberikan pemaknaan atas tanda-tanda tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan memakai pendekatan semotika Charles Sander Peirce, dengan iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi “Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa” sebagai data utamanya. Setelah dilakukan analisis, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam iklan ini perempuan berhijab digambarkan sebagai perempuan berhijab yang istiqomah menutup aurat, perempuan berhijab yang mampu menahan amarah, perempuan berhijab yang mudah memaafkan, dan perempuan berhijab yang energik dan kekinian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Iklan, Konstruksi Perempun Berhijab, Iklan Shampo Berhijab.
Subjects: Penyiaran Islam
Hukum Islam > Fiqih > Hijab - Jilbab
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:47
Last Modified: 11 Nov 2021 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum