REGULASI DIRI MAHASISWA DALAM PERENCANAAN KARIER (STUDI PADA MAHASISWA YANG GEMAR BERMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Dani Apriadi, NIM.: 17102020005 (2021) REGULASI DIRI MAHASISWA DALAM PERENCANAAN KARIER (STUDI PADA MAHASISWA YANG GEMAR BERMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REGULASI DIRI MAHASISWA DALAM PERENCANAAN KARIER (STUDI PADA MAHASISWA YANG GEMAR BERMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17102020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REGULASI DIRI MAHASISWA DALAM PERENCANAAN KARIER (STUDI PADA MAHASISWA YANG GEMAR BERMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17102020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang gemar bermain game online disaat zaman yang sudah serba canggih dan maju serta persaingan karier semakin ketat, maka dari itu sebagai mahasiswa berpendidikan yang lebih tinggi harus mempersiapkan diri untuk menghadapi karier yang diinginkan. Regulasi diri yang baik serta perencanaan yang matang kemudian direalisasikan dengan baik, maka akan tercapailah apa yang diinginkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aspek regulasi diri mahasiswa dalam perencanaan karier yang diinginkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan subjek mahasiswa akhir angkatan 17 di fakultas ushuluddin dan pemikiran islam UIN Sunan Kalijaga yogyakarta Prodi Ilmu Alqur’an dan Tafsir yang gemar bermain game online dan dosen pembimbing akademik. Adapun objek dari penelitian ini mengenai aspek regulasi diri dalam perencanaan karier. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain dari pada itu analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu mengklarifikasi data yang telah terhimpun untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri dalam perencanaan karier ada tiga aspek yaitu dengan memperhatikan aspek personal, aspek perilaku, dan aspek lingkungan , kemudian untuk perencanaan karier ada sepuluh hal yang harus diperhatikan yaitu; mengenali diri sendiri, mengumpulkan informasi, mengklarifikasi apa yang diketahui dan membangun sasaran dan kemajuan karier, lakukan pengembangan pribadi, membangun jejaring dengan yang lain, memperoleh pengalaman, temukan tentor atau sponsor untuk membantu, putuskan bagaimana untuk mencapai karier, temukan pekerjaan-pekerjaan yang membangun kompetensi, dan menjaga fleksibilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Anggi Jatmiko, M.A.
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Aspek Regulasi Diri, Mahasiswa, Perencanaan Karier.
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:58
Last Modified: 11 Nov 2021 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum