MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN SELAMAT KOTA MAGELANG MELALUI PROGRAM SANTRIPRENEUR TAHUN 2020

Isna Zahrotun Afifah, NIM.: 17102040050 (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN SELAMAT KOTA MAGELANG MELALUI PROGRAM SANTRIPRENEUR TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN SELAMAT KOTA MAGELANG MELALUI PROGRAM SANTRIPRENEUR TAHUN 2020)
17102040050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN SELAMAT KOTA MAGELANG MELALUI PROGRAM SANTRIPRENEUR TAHUN 2020)
17102040050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset utama sebuah lembaga atau organisasi untuk mencapai keunggulan kompetitif di era globalisasi. Oleh karena itu, manajemen pengembangan sumber daya manusia menjadi parameter penting bagi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran agar tetap eksis. Sebagaimana dengan Pondok Pesantren Selamat Kota Magelang, lembaga yang berfokus pada santri yang kreatif, inovatif, dan berani berwirausaha, dimana santri diajarkan berbisnis melalui program santripreneur. Penelitian ini membahas mengenai langkah-langkah pengembangan sumber daya manusia meliputi penentuan kebutuhan, penentuan sasaran, penentuan program, identifikasi prinsip-prinsip belajar, pelaksanaan program, dan penilaian pelaksanaan program. Adapun metodemetode pengembanagan sumber daya manusia yang digunakan meliputi metode understudy, job rotation, dan coaching-counseling. Penelitian ini menggunakan teori MPSDM oleh Gouzali dan M.Kadarisman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, santri, dan alumni di Pondok Pesantren Selamat Kota Magelang. Obyek dalam penelitian ini adalah Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Program Santripreneur. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren Selamat Kota Magelang Melalui Program Santripreneur Tahun 2020 dapat dilihat dari input yang berupa SDM (santri, pengurus, dan pengasuh), terbentuknya unit usaha pertanian, perikanan, dan peternakan, adanya fasilitas yang memadai, dan kerjasama yang baik dengan instansi luar pondok pesantren. Adapun proses pengembangan SDM meliputi proses internal berupa mentoring santri, pengurus, dan pengasuh, serta adanya proses eksternal berupa pendidikan dan pelatihan kewirausahaan. Pada output pengembangan menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan manajerial, kemampuan leadership, kemampuan berfikir kreatif, dan kemampuan teknis. Adapun pada outcome pengembangan SDM menghasilkan kemandirian santri, pengabdian santri, dan ekspansi program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kewirausahaan Santri (Santripreneur), Pondok Pesantren
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:38
Last Modified: 11 Nov 2021 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum