KUALITAS PELAYANAN SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR JEMAAH UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019

Fidela Alma Sahira, NIM.: 17102040051 (2021) KUALITAS PELAYANAN SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR JEMAAH UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KUALITAS PELAYANAN SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR JEMAAH UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019)
17102040051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KUALITAS PELAYANAN SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR JEMAAH UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019)
17102040051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dalam proses pembuatan paspor jemaah umrah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi atas kesulitan seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam memonitoring biro umrah (PPIU) yang tidak memiliki izin dari Kementerian Agama namun ingin memberangkatkan jemaahnya. Sebelum tahun 2017, ada beberapa kasus jemaah yang ditelantarkan baik di bandara maupun di Arab Saudi akibat diberangkatkan oleh biro yang tidak berizin resmi dari Kementerian Agama atau bermasalah. Hal tersebut harus segera diatasi dengan baik, hingga pada tahun 2017 Dirjen PHU mengeluarkan surat edaran penambahan syarat rekomendasi dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota bagi pemohon paspor jemaah umrah/haji khusus. Mengingat pentingnya proses pembuatan rekomendasi paspor bagi jemaah maka perlu diketahui pula kepuasan individu jemaah saat mendapatkan pelayanan dari staff yang diukur dari sesuai atau tidaknya pelayanan yang diberikan staff dengan harapan jemaah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosial-empiris, yang berlaku pada sejumlah variasi, situasi, dan kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) yang dikemukakan Parasuraman, Berry dan Zeithaml. Hasil penelitian ini adalah pelayanan yang dilakukan staff seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) saat melayani jemaah dalam proses pembuatan rekomendasi paspor umrah sudah mengikuti dan memenuhi kriteria standar operasional prosedur (SOP) Kementerian Agama, sehingga kinerjanya pun juga baik. Hal tersebut diuji menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan (SERVQUAL) yakni tangible, emphaty, responsiveness, assurance, dan reliabilty. Semua dimensi tersebut telah berjalan dengan baik dan saling berkesinambungan satu sama lain, namun masih belum adanya inovasi pelayanan pembuatan rekomendasi paspor dengan sistem full online agar mempermudah jemaah supaya lebih cepat dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Andy Dermawan, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Seksi PHU, Rekomendasi Paspor Jemaah Umrah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:44
Last Modified: 11 Nov 2021 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum