IMPLEMENTASI RENCANA KERJA OPERASIONAL (RKO) BIMBINGAN MANASIK IBADAH HAJI DI TANAH AIR PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) MULTAZAM KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019

Retno Wulandari, NIM.: 17102040069 (2021) IMPLEMENTASI RENCANA KERJA OPERASIONAL (RKO) BIMBINGAN MANASIK IBADAH HAJI DI TANAH AIR PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) MULTAZAM KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI RENCANA KERJA OPERASIONAL (RKO) BIMBINGAN MANASIK IBADAH HAJI DI TANAH AIR PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) MULTAZAM KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI RENCANA KERJA OPERASIONAL (RKO) BIMBINGAN MANASIK IBADAH HAJI DI TANAH AIR PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) MULTAZAM KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ibadah haji merupakan perjalanan yang sakral yaitu berkunjung ke Baitullah, ibadah yang perlu adanya bimbingan terutama untuk orang-orang yang belum berhaji. Kesempurnaan nilai ibadah haji dapat diraih dengan kesiapan yang matang baik fisik, mental maupun pengetahuan tentang manasik atau tata cara ibadah haji. Diperlukan bekal penguasaan manasik yang memadahi dengan melalui pembinaan dan bimbingan manasik yang dapat dilaksanakan pada kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU). Sementara itu jemaah haji setiap tahun meningkat dan rata-rata pemula belum pernah melaksanakan haji sehingga belum memahami tentang aturan-aturan dalam pelaksanaan ibadah haji. Oleh karenanya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) sebagai mitra pemerintah dalam memberikan pembinaan dan bimbingan manasik haji dituntut untuk mempersiapkan diri membuat Rencana Kerja Operasional (RKO) sebelum melaksanakan pembinaan dan bimbingan manasik, sehingga akan terarah dan terkontrol dan dapat berjalan dengan lancar. Rumusan masalah dari penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi Rencana Kerja Operasional (RKO) bimbingan manasik haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam Kota Yogyakarta Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara langsung dengan ketua KBIHU Multazam, wakil ketua KBIHU, Staf KBIHU, dan beberapa jemaah haji tahun 2019. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Rencana Kerja Operasional (RKO) yang telah dirumuskan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam Kota Yogyakarta untuk membimbing jemaah haji dapat disimpulkan bahwa Rencana Kerja Operasional (RKO) yang telah dirumuskan berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari komponen Rencana Kerja Operasional (RKO) yang terdiri dari tingkatan pencapaian belajar, metode pembelajaran, prosedur pembelajaran, waktu pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber pembelajaran. Adapun kendala yang di hadapi selama proses pelaksanaan dapat di atasi dengan melalui musyawarah yang biasa dilakukan seminggu sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H.M. Toriq Nurmadiansyah,S.Ag,M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Rencana Kerja Operasional (RKO), KBIHU
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:58
Last Modified: 11 Nov 2021 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum