COVID-19 DAN USAHA MIKRO: STUDI DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP HOME INDUSTRI KERIPIK DI KOTO ANAU, SOLOK

Via Melani Pertiwi, NIM.: 17102030047 (2021) COVID-19 DAN USAHA MIKRO: STUDI DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP HOME INDUSTRI KERIPIK DI KOTO ANAU, SOLOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COVID-19 DAN USAHA MIKRO: STUDI DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP HOME INDUSTRI KERIPIK DI KOTO ANAU, SOLOK)
17102030047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (COVID-19 DAN USAHA MIKRO: STUDI DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP HOME INDUSTRI KERIPIK DI KOTO ANAU, SOLOK)
17102030047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Covid-19 dan Usaha Mikro: Studi Dampak dan Strategi Bertahan Hidup Home Industri Keripik di Koto Anau, Solok”. Munculnya Covid-19 pada tahun 2020 membawa dampak besar terhadap Indonesia. Keberadaannya tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tetapi juga sektor perekonomian. Pemerintah membuat kebijakan untuk mengatasi pandemi tersebut, namun usaha tersebut berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat. Kebijakan pemerintah dalam bentuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ataupun program lain terkait social distancing menyebabkan persoalan bagi usaha mikro. Masyarakat tidak diperbolehkan untuk keluar masuk antar wilayah sehingga pasar bagi home industri mengalami kemandekan. Hal ini juga dirasakan oleh home industri keripik di Nagari Koto Anau, Kabupaten Solok. Kripik merupakan makanan khas dari Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh home industri keripik di Nagari Koto Anau Solok akibat guncangan pandemi Covid-19. Untuk mendapatkan jawaban atas tujuan penelitian tersebut penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada lima pengusaha kripik. Semua data yang terkumpul kemudian divalidasi menggunakan teknik triangulasi, kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dampak ekonomi pandemi terhadap home industri keripik disebabkan oleh kebijakan pemerintah dalam bentuk pembatasan orang keluar masuk wilayah. Hal itu berdampak pada penurunan pendapatan, menurunnya pesanan keripik, meningkatnya biaya hidup masyarakat, perubahan aspek sosial budaya serta keagamaan. Perubahan tersebut disiasati oleh home industri keripik dengan strategi bertahan hidup supaya dapat menghadapi pandemi Covid-19. Adapun strategi bertahan hidup yang digunakan oleh home industri keripik yaitu strategi aktif dan jaringan. Strategi aktif yaitu dengan merubah cara untuk berjualan, menjual keripik sendiri, produksi keripik dalam jumlah terbatas, dan beralih profesi. Sedangkan strategi jaringan yaitu dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan berjualan menggunakan media sosial. Peneliti juga menemukan bahwa strategi yang dilakukan pengusaha yang tua dan muda berbeda. Pengusaha yang muda menggunakan strategi cara berjualan dengan media sosial, sedangkan yang tua cenderung menguatkan cara berjualan sendiri secara langsung. Pengusaha yang muda bisa mendapatkan bantuan pemerintah di masa krisis, namun hal itu tidak bisa dilakukan oleh yang tua karena pengajuannya dilakukan secara online yang itu dianggap ribet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Dampak, Strategi Bertahan Hidup, Home Industri Keripik
Subjects: Covid-19
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 13:16
Last Modified: 11 Nov 2021 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum