NGIMPEN CLASS: STUDI PERAN YAYASAN RUMAH IMPIAN DALAM MENGEDUKASI ANAK PINGGIR SUNGAI CODE TENTANG COVID-19 DI KARANGANYAR RT 84 RW 19, BRONTOKUSUMAN, MERGANGSAN, YOGYAKARTA

Naimatul Farida, NIM.: 17102030051 (2021) NGIMPEN CLASS: STUDI PERAN YAYASAN RUMAH IMPIAN DALAM MENGEDUKASI ANAK PINGGIR SUNGAI CODE TENTANG COVID-19 DI KARANGANYAR RT 84 RW 19, BRONTOKUSUMAN, MERGANGSAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NGIMPEN CLASS: STUDI PERAN YAYASAN RUMAH IMPIAN DALAM MENGEDUKASI ANAK PINGGIR SUNGAI CODE TENTANG COVID-19 DI KARANGANYAR RT 84 RW 19, BRONTOKUSUMAN, MERGANGSAN, YOGYAKARTA)
17102030051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NGIMPEN CLASS: STUDI PERAN YAYASAN RUMAH IMPIAN DALAM MENGEDUKASI ANAK PINGGIR SUNGAI CODE TENTANG COVID-19 DI KARANGANYAR RT 84 RW 19, BRONTOKUSUMAN, MERGANGSAN, YOGYAKARTA)
17102030051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Ngimpen Class: Studi Peran Yayasan Rumah Impian dalam Mengedukasi Anak-Anak Pinggir Sungai Terhadap Covid-19 di Karanganyar RT 84 RW 19, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta”. Edukasi Covid-19 sangat diperlukan pada masa pandemi ini. Terlebih lagi masih banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang mengangap Covid-19 sebagai konspirasi, sehingga timbul kurang kewaspadaan dan kelalaian dalam mematuhi protokol kesehatan. Padahal data menunjukkan tingkat penularan Covid-19 tergolong cepat, tidak kasat mata dan tidak mengenal batas usia. Bahkan resiko tertinggi akibat terkena Covid-19 adalah kematian. Selain kematian dampak lain yang disebabkan adalah stuknya pikiran generasi muda terutama anak-anak, karena saat kebijakan belajar daring diberlakukan anak-anak lebih cenderung menghabiskan waktu dengan hp sebagai hiburan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peran dan strategi yang dilakukan Yayasan Rumah Impian dalam memberikan edukasi Covid-19 terhadap anak berisiko di Daerah Karanganyar RT 84 RW 19, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta dengan melalui Program Ngimpen Class. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Yayasan Rumah Impian dalam mengedukasi Covid-19 untuk anak-anak beresiko adalah mengimplementasikan pendampingan Program Ngimpen Class, membuat konsep pembelajaran kegiatan Ngimpen Class, mendampingi anak sebagai sahabat. Kegiatan pendampingan anak-anak dampingan dalam proses kegiatan edukasi tentang kesehatan dan Covid-19 bertujuan menumbuhkan sikap kewaspadaan terhadap Covid-19 serta memberikan kegiatan-kegiatan positif agar pikiran anak-anak selama pandemi tetap bisa berkembang . Sedangkan strategi yang digunakan Yayasan Rumah Impian adalah strategi fun learning atau pembelajaran menyenangkan. Strategi fun learning pada kegiatan Ngimpen Class ini dilakukan dengan memilih tempat outdoor seperti taman, pinggir sungai dan lain-lain. Kegiatan Ngimpen Class juga diintegrasikan dengan kegiatan yang menyenangkan, hal tersebut merupakan beberapa upaya untuk menumbuhkan sugesti positif pada diri anak-anak sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan enjoy dan menyenangkan. Bentuk kegiatan edukasi adalah membuat masker, face shield, membuat gerakan protokol kesehatan dengan menggunakan aplikasi tiktok, membuat lagu tentang Covid-19, membuat gambar dengan tema Covid-19, dan kegiatan prakarya lainnya. Setiap kegiatan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Edukasi Covid-19, Peran Yayasan Rumah Impian, Strategi
Subjects: Covid-19
Organisasi Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 13:19
Last Modified: 11 Nov 2021 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum